Ingin Lebih Hemat? Yuk Coba Ikuti 5 Kiat Gaya Hidup Frugal Ala Keluarga Kerajaan Inggris Ini

5 kiat gaya hidup frugal Kerajaan Inggris, mulai dari menu sarapan sederhana hingga pakaian yang sama.

Keluarga Kerajaan Inggris tentu hidup bergelimang harta. Koleksi perhiasan mereka diketahui bernilai sangat fantastis. Tentu tidak sulit bagi anggota keluarga Kerajaan Inggris untuk membeli barang-barang mewah yang diinginkan. Meski begitu, kekayaan tersebut tidak membuat keluarga Kerajaan Inggris hidup boros.

Sebaliknya, mereka malah menerapkan gaya hidup frugal atau hemat baik dari segi makanan, pakaian, perjalanan sampai hiburan. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan untuk menghemat keuangan agar uang yang mereka miliki bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih penting, seperti untuk kegiatan amal atau kemanusiaan. 

Apakah kamu tertarik untuk menjalani gaya hidup frugal seperti British Royal Family? Penasaran kan bagaimana frugal living yang mereka terapkan? Berikut beberapa kiat frugal living ala keluarga Kerajaan Inggris yang bisa jadi inspirasimu untuk menghemat keuangan.

1. Sarapan Pakai Menu Sederhana

Keluarga Kerajaan Inggris memiliki menu sarapan yang cukup sederhana. Misalnya, mendiang Ratu Elizabeth II yang memulai hari dengan biskuit dan teh lalu dilanjutkan sarapan hanya dengan semangkuk sereal dan buah-buahan. Namun terkadang, Ratu Elizabeth II juga suka makan roti panggang dengan marmalade (sejenis selai yang biasa dibuat dari jeruk).

Sementara Kate Middleton biasanya sarapan dengan minum segelas smoothies yang kaya nutrisi dan terbuat dari berbagai jenis sayur maupun buah. Kate Middleton dikatakan sering mengombinasikan sayuran kale, spirulina, teh hijau bayam, romaine, daun ketumbar dan blueberry sebagai bahan smoothies. Terkadang, dia mengonsumsi oatmeal untuk sarapan. Sederhana sekali kan?

Ilustrasi Sarapan Ratu Elizabeth II (Detikcom)

2. Manfaatkan Makanan Sisa

Tidak hanya menu sarapan sederhana, keluarga Kerajaan Inggris juga tidak suka membuang makanan. Agar tidak mubazir, makanan yang tidak habis sebelumnya akan dimasukkan ke dalam menu makanan berikutnya. Contohnya, jika ada sisa daging domba panggang, bisa dimanfaatkan sebagai isian pie.

3. Memasak Makanan Sendiri

Meskipun memiliki banyak koki hebat di kerajaan, tapi kabarnya Kate Middleton sering memasak makanannya sendiri. Princess of Wales ini suka memasak makanan untuk keluarga kecilnya. Kate paling sering membuat menu ayam panggang kesukaan suaminya, Pangeran William.

Aksi Kate Middleton Saat Memasak (Tempo.co)

4. Penerbangan Kelas Ekonomi

Tentu bukan hal yang sulit bagi keluarga Kerajaan Inggris untuk terbang dengan kelas eksekutif atau bisnis bahkan jet pribadi. Namun, hal ini tidak mereka lakukan. Bahkan, Pangeran William yang merupakan pewaris kerajaan, memilih terbang dengan kelas ekonomi beberapa tahun yang lalu bersama anak dan istrinya untuk mengunjungi Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip di Skotlandia.

5. Pakai Busana Yang Sama

Tips gaya hidup frugal ala keluarga Kerajaan Inggris berikutnya adalah suka memakai busana yang sama dalam beberapa kesempatan. Mungkin sudah bukan rahasia umum kalau anggota British Royal Family, seperti Kate Middleton, Camilla Parker dan Ratu Elizabeth II  kerap terlihat mengenakan pakaian yang sama lebih dari satu kali.

Bahkan, mereka kerap terlihat tukeran baju satu sama lain. Padahal, dengan kekayaan yang dimiliki, mereka bisa saja membeli lusinan busana baru dari brand ternama. Tapi hal ini tidak mereka lakukan. Selain untuk mengurangi limbah pakaian, memakai busana yang sama untuk menghemat anggaran belanja. Jadi, uangnya bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat. 

Momen Kate Middleton dan Princess Sofia Pakai Gaun Yang Sama (Hello Magazine)