Berbahaya Bagi Kesehatan Mental! Begini Tips Mengelola Self Blaming Agar Tidak Kebablasan

Mengenal dan juga mengetahui tips mengelola self blaming agar tidak kebablasan dan memperburuk situasi.

Kita pasti pernah mengalami kegagalan, namun sayangnya sebagian orang lebih memilih melakukan self blaming atas kegagalan yang dia alami, dari pada menerimanya dengan lapang hati. Padahal self blaming itu bukan sesuatu yang baik lho. Oleh karena itu, perlu mengetahui bagaimana tips mengelola self blaming agar tidak kebablasan yang ujungnya nanti kamu akan menyesal.

Perlu diketahui bahwa self blaming atau menyalahkan diri sendiri adalah bentuk kekerasan emosi yang dilakukan kepada diri sendiri yang didasari oleh rasa bersalah atas apa yang terjadi. Orang-orang yang melakukan self blaming umumnya merasa menyesal atas kejadian yang menimpanya, bahkan meski dia sudah berusaha dengan keras.

Padahal ketika gagal seharusnya seseorang menerima kegagalan tersebut dan menjadikannya pelajaran. Bukan justru bersikap self blaming memperburuk situasi. Lantas apa yang menyebabkan seseorang melakukan self blaming pada dirinya sendiri?

Penyebab Seseorang Melakukan Self Blaming

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang bersikap self blaming. Diantaranya seperti menetapkan standart terlalu tinggi, membebankan tanggung jawab hanya pada diri sendiri, dan selalu suka mengkritik diri sendiri.

Tips Mengelola Self Blamming (via Medium)

Cara Mengatasi Self Blaming

Kalau selama ini kamu suka bersikap self blaming, coba atasi hal tersebut dengan melakukan beberapa cara ini.

1. Belajar Mencintai Diri Sendiri

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi self blaming adalah dengan belajar mencintai diri sendiri. Sehingga kamu paham kemampuan diri dan menyadari bahwa semua yang terjadi bukan sepenuhnya salah diri.

Kalau pun semua terjadi karena keteledoran kamu, maka maafkan diri dan jadikan kegagalan tersebut pelajaran agar tidak terulang di kemudian hari.

Tips Mengelola Self Blamming (via Kompas)

2. Jalin Pertemanan yang Baik

Menjalin pertemanan yang baik akan membuat kamu lebih bisa mencintai diri sendiri dan bersyukur dengan apapun yang terjadi. Teman yang baik akan selalu memberi dukungan agar kamu selalu bisa memperbaiki diri. Sehingga kamu tidak hanya fokus pada kegagalan, tapi menjadikannya pelajaran.

Tips Mengelola Self Blamming (via Gramedia)

3. Sadari Tidak Semua Hal adalah Tanggung Jawab Kamu

Tidak semua kejadian yang terjadi di dunia ini adalah tanggung jawab kamu. Ada kalanya semua terjadi secara alami, bahkan tanpa kamu pikirkan sebelumnya. Bahkan jika dalam sebuah proyek pekerjaan terjadi kesalahan, maka yang bertanggung jawab adalah tim bukan hanya kamu seorang. Fokus dengan apa yang menjadi bagianmu dan berhentilah menyalahkan diri sendiri pada apa yang bukan menjadi tanggungan kamu.

Nah, itu tadi beberapa tips mengelola self blaming yang jika terus-menerus dibiarkan, nantinya bisa berbahaya untuk kesehatan mental. Makanya, yuk cegah sejak awal agar kamu tetap bisa menjalani hari-hari dengan luar biasa!

Tips Mengelola Self Blamming (via Merdeka)