Kadang Disepelekan, Berikut Cara Menendang Bola yang Benar

Bagaimana cara menendang bola yang benar biar tepat sasaran.

Dalam olahraga sepak bola, futsal, atau mini soccer, menendang adalah suatu teknik yang harus dilakukan dengan baik. Jika ingin memenangkan sebuah pertandingan, tentu setiap pemain harus tahu bagaimana cara menendang bola yang benar. Menendang bola yang benar bisa dilakukan saat melakukan operan atau passing hingga menendang bola ke gawang untuk mencetak gol.

Kadang semua orang yang melakukan olahraga sepak bola, futsal, atau mini soccer menganggap sudah bisa menendang bola dengan benar. Namun saat di lapangan nyatanya tidak melakukan tendangan dengan baik. Beberapa teknik menendang bola memang harus diperhatikan dengan baik asal tidak menendang dengan asal-asalan. Berikut beberapa teknik atau cara menendang bola dengan benar.

Menendang dengan Kaki Bagian Luar

Menendang bola dengan kaki bagian luar biasanya dilakukan oleh pemain yang berada di posisi depan atau penyerang. Menendang bola dengan kaki bagian luar harus dilakukan dengan keras dan terukur akurasinya. Cara pertama dengan menempatkan bola beberapa langkah di depan kaki atau menjaga sedikit jarak dengan bola.

Sebelum berlari untuk melakukan tendangan, condongkan badan ke depan. Kunci bagian ankle kaki dengan posisi jari kaki menghadap ke bawah. Pastikan juga bahwa si penendang menggunakan kaki bagian luar. Tendang bola dengan keras dan usahakan terukur ke arah gawang.

Menendang dengan Punggung Kaki

Cara menendang bola yang benar dilakukan dengan kaki bagian punggung. Biasanya seseorang menendang dengan bagian punggung kaki saat melakukan operan bola pendek kepada rekan sesama tim.  Cara untuk melakukan ini pun perlu diperhatikan agar tidak asal-asalan dalam mengoper bola.

Posisi berdiri harus tegap dan menghadap bola. Letakkan kaki tumpu pada samping bola. Lalu perhatikan kedua lengan harus berada di samping badan agak terentang. Lalu pergelangan kaki untuk menendang diputar ke dalam dan dikunci. Pandangan harus fokus kepada bola. 

Tarik kaki yang akan digunakan untuk menendang ke belakang, sembari ayunkan ke depan tepatnya ke posisi bola bersamaan dengan kaki diputar ke arah dalam. Kaki harus kena tepat di tengah bola. Sebelum bola dioper, harus tahu dulu posisi rekan yang akan menerima bola.

Kadang Disepelekan, Berikut Cara Menendang Bola yang Benar (Bola Okezone)

Menendang dengan Kaki Bagian Dalam

Menendang bola dengan kaki bagian dalam juga biasa dilakukan untuk memberikan operan bola atau menendang bola ke gawang dengan tendangan yang cukup sederhana. Langkah pertama dengan posisi berdiri tegak lutut kaki sedikit ditekuk supaya posisi badan seimbang. Posisi kaki yang sebagai penumpu badan berada di samping bola dengan posisi harus berdekatan dengan bola.

Saat melakukan cara menendang bola yang benar ini posisi badan harus sedikti condong ke depan. Posisi tangan berada di samping badan. Kaki untuk menendang bola ada pada posisi lurus sedikit ke belakang dengan posisi mengarah ke depan. Setelah badan siap, maka ayunkan kaki atau tendang kaki untuk menendang bola.

Kadang Disepelekan, Berikut Cara Menendang Bola yang Benar (Garuda Print)