Biar Nggak Cepat Rusak, Begini Lho Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Cara merawat mobil saat musim hujan sangat penting diketahui agar mobil nggak gampang rusak dan selalu nyaman saat dipakai berkendara. Yuk simak ulasannya!

Cara merawat mobil saat musim hujan sangat penting kamu ketahui agar mobil kamu nggak gampang rusak dan selalu nyaman saat dipakai berkendara. Mengingat Bulan Desember biasanya hujan turun lebih deras dari pada bulan-bulan lainnya, maka potensi kerusakan dan error umumnya akan lebih tinggi jika tidak mendapat perawatan yang memadai.

Sebagai informasi, air hujan mengandung asam dan tentunya akan membuat kondisi mobil menjadi lebih buruk jika tidak segera dibersihkan. Pasalnya air hujan yang turun telah bercampur dengan limbah dan kotoran yang berada di jalan.

Nah, sebagai pemilik mobil, tentu kamu harus rajin melakukan perawatan mobil, agar umurnya lebih panjang dan tidak sampai mengalami kerusakan parah. Kalau kamu termasuk pemilik mobil yang ingin mobil kamu berumur panjang dan enak digunakan saat berkendara. Berikut ini cara merawat mobil saat musim hujan yang wajib kamu terapkan.

1. Segera Keringkan Mobil

Setelah terkena basah air hujan, sebaiknya segera keringkan mobil setelah sampai di rumah, atau jika kamu rasa mobil kamu jadi kotor parah akibat lumpur, kamu bisa membawanya ke tempat cuci mobil agar bersihnya maksimal.

Karena kalau dibiarkan mengering sendiri setelah diguyur hujan, bisa-bisa kotoran yang menempel makin mengering dan susah dihilangkan. Kalau sudah begini, pastinya penampilan berkendara jadi terganggu, dong! Untuk pencucian di rumah, gunakan sabun khusus, air bersih, spons, serta lap microfiber agar hasilnya maksimal.

Cara Merawat Mobil saat Musim Hujan (via HSR Wheel)

2. Perhatikan Kebersihan Kaca Depan Mobil

Kaca depan mobil adalah bagian yang harus paling sering dibersihkan, mengingat kaca depan mobil sangat penting untuk melihat apa yang ada di depan. Kalau bagian ini buram dan kotor, maka kamu juga akan kesulitan saat berada di jalanan.

Nah, agar kaca depan mobil tetap jernih dan bersih, maka kamu bisa menyalakan AC saat hujan turun dan membersihkan kaca depan setelah bepergian. Cara ini dipercaya dapat membantu menjernihkan embun pada kaca saat hujan.

Cara Merawat Mobil saat Musim Hujan (via Mobil 123)

3. Melakukan Pengecekan Mesin Secara Rutin

Cara merawat mobil saat hujan selanjutnya adalah dengan rutin melalukan pengecekan mesin. Hal ini bertujuan untuk memastikan kalau mesin mobil baik-baik saja, dan tidak ada gangguan.

Beberapa kasus membuktikan bahwa mobil sering mengalami mogok saat musim hujan karena ada komponen mesin yang terganggu. Karenanya sebelum terlambat dan kerusakan semakin parah, sebaiknya kamu mulai mengecek lebih awal.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara merawat mobil saat musim hujan tiba. Jadi mobil kamu tetap awet dan nggak cepat rusak, deh. Selain itu, jika mobil terawat, kamu juga akan lebih percaya diri, kan?

Cara Merawat Mobil saat Musim Hujan (via Qoala)