Bikin Lidah On Terus, Ini 5 Makanan Khas Qatar yang Populer Selama Piala Dunia

Makanan khas Qatar ternyata sangat bervariasi dan layak untuk dicoba. Apa saja rekomendasinya? Yuk simak!

Makanan khas Qatar ternyata sangat bervariasi dan layak untuk dicoba. Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu negara ini menjadi perbincangan banyak pihak setelah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Bahkan makanan khas Qatar pun menjadi buah bibir, karena cita rasanya yang unik dan lezat.

Jika kamu sedang berada di Qatar, atau berencana mengunjunginya dalam waktu dekat, coba deh catat rekomendasi yang akan kita bahas kali ini. Kalau kamu penasaran makanan khas Qatar apa saja yang sukses bikin lidah on terus, bahkan populer saat Piala Dunia, berikut ini daftarnya:

1. Machboos

Makanan khas Qatar yang pertama adalah Machboos. Hidangan ini merupakan variasi lokal dari kabsa, yaitu nasi campur khas Arab yang bisa kamu temui di Timur Tengah. Sementara itu, machboos terdiri dari ayam atau kambing yang dimasak dalam waktu yang cukup lama dan biasanya disajikan dengan nasi, tomat, bawang, yogurt, dan aneka rempah lainnya. Rasanya cukup unik dan bakal bikin kamu merasakan cita rasa Timur Tengah yang bikin kangen.

Makanan Khas Qatar (via 30Seconds)

2. Madrouba

Selain machboos, ada juga Madrouba yang merupakan makanan khas Qatar. Makanan ini terbuat dari gandum, ayam, dan aneka rempah. Madrouba dimasak dengan cara dikukus selama tiga jam hingga menjadi bubur. Karena itu makanan ini dinamakan madrouba yang berarti nasi hancur. Selain rasanya yang enak, makanan ini direkomendasikan untuk mereka yang kesulitan mengunyah atau memiliki gangguan pencernaan.

Makanan Khas Qatar (via Maggi Arabia)

3. Balaleet

Makanan khas Qatar selanjutnya adalah balaleet yang merupakan hidangan omelet ala Qatar. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan biasanya dimakan bersama sweet vermicelli, yakni mie dengan rasa manis. Balaleet disajikan untuk menu sarapan karena memiliki rasa manis gurih. Wah bisa jadi inspirasi makan pagi sehat berikutnya, nih!

Makanan Khas Qatar (via Wikipedia)

4. Thareed

Makanan khas Qatar yang keempat adalah thareed. Makanan yang biasanya hadir ketika bulan Ramadan ini bentuknya berupa roti pipih yang direndam dengan kaldu tomat kental. Biasanya Thareed disajikan bersama kentang, sayuran, kacang-kacangan, dan tambahan daging.

Makanan Khas Qatar (via I Love Qatar)

5. Luqaimat

Makanan khas Qatar yang terakhir adalah luqaimat yang umumnya disajikan sebagai hidangan penutup. Luqaimat adalah donat kecil yang bisa dimakan dalam satu kali hap. Sebelum disajikan, adona luqaimat yang sudah digoreng akan dicelupkan ke dalam sirop atau madu, dan setelah ditaburi wijen atau gula untuk menambah cita rasanya.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Qatar yang populer banget pas Piala Dunia. Hmmm, sepertinya memang lezat banget ya. Jangan lupa mencicipinya jika ada kesempatan, ya! Dijamin rasanya bakal bikin kamu kangen suasana Timur Tengah.

Makanan Khas Qatar (via IDN Times)