China Gercep Nih, Mereka Udah Siapin 6G Kala 5G Belom Mainstream

Wuih... China gercep banget nih. Mereka udah siapin teknologi 6G lho. Lah, 5G aja belom banyak dinikmatin manusia~

Belakangan muncul desas-desus bahwa China sedang mengerjakan sistem teknologi 6G. Siksjiy gengs, (((SIKSJIY)))! Gercep amat yak~

Langkah ini tergolong cepat karena teknologi berbasis 5G belum bisa dinikmati pengguna di seluruh dunia. Berbagai negara pun berlomba-lomba untuk jadi yang pertama, tapi China... emang selalu terdepan sih.

Teknologi 5G emang dirancang untuk mendukung revolusi industri 4.0 dan diprediksi akan mengusai dunia pada 2019 mendatang. Seiring dengan penjualan berbagai smartphone yang mendukung teknologi 5G itu.

China berencana memulai riset serta pembangunan teknologi 6G itu pada 2020 nanti. Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Kelompok Kerja Teknologi Nirkabel Su Xin, sebagaimana dilaporkan Securities Times via Kumparan.com.

Kota Shanghai, China (robbreport.com)

China sendiri memperkirakan bahwa jaringan 6G baru bisa dikomersialkan pada tahun 2030 nanti. Su Xin menyampaikan bahwa teknologi berbasis jaringan 6G bisa direalisasikan jika riset konseptualnya segera dilakukan dari sekarang.

Teknologi berbasis jaringan 6G ini akan memberikan efisiensi jauh lebih cepat ketimbang 5G. Jaringannya akan 10 kali lebih cepat ketimbang 5G.

(sites.ieee.org)

6G sendiri akan memiliki kecepatan load bandwidth hingga 1 TB per detik. Waduh... bukan main nih ngebutnya.

Teknologi 'Sixth Generation' ini, menurut Su, akan membantu dunia menuju perubahan revolusioner di bidang nirkabel. Sementara, teknologi berbasis jaringan 5G akan digunakan sebagai fondasi awal untuk menggalakkan Industri 4.0.

Teknologi 5G sendiri diprediksi memiliki kecepatan hingga 800GB per detik. Katanya, kecepatan ini bahkan 100 kali lebih cepat dai teknologi Fourth Generation (4G). Di Korea Selatan, teknologi 5G yang sedang dikembangkan bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 10GBps.

Pokoknya ngebut bangetsss lah... (gifer.com)

Meski begitu, 5G belum bisa dipastikan akan seperti apa keunggulannya. Sementara, jaringan 5G masih dalam tahap pengembangan terus-menerus, tak terkecuali di Indonesia yang resmi diperkenalkan oleh perusahaan telekomunikasi Telkomsel dalam ajang Asian Games 2018 lalu.

Kalo pake 5G aja, mengunduh apa pun dari internet bakal cuman kayak lagi bernapas gengs. Nah, kalo pake 6G nanti? Kedipan aja kalah cepet kali ya?! Salut deh buat Negeri Tirai Bambu.

Teknologi 5G baru meluncur 2019 nanti (womenlovetech.com)