Ibu-Ibu Muda Wajib Tahu! Ini Tips Mengempukkan Daging dengan Bahan Alami

Para ibu-ibu muda wajib tahu tips mengempukkan daging dengan bahan alami ini agar tidak salah dalam mengolah daging merah.

Daging merah seperti sapi, kerbau, maupun kambing biasanya jadi bahan pilihan untuk diolah menjadi menu favorit keluarga. Namun mengolah daging merah tidak bisa sembarangan, karena daging merah memiliki tekstur yang alot ketika tidak diolah dengan benar.

Ini sebabnya, penting mengetahui cara mengempukkan daging dengan benar. Supaya daging bisa empuk dan enak dimakan, berikut tips mengempukkan daging dengan bahan-bahan alami:


 

1. Daun Pepaya


Bahan alami pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat daging lebih empuk adalah daun pepaya. Daun pepaya mempunyai enzim papain yang mampu membuat tekstur daging jadi lebih empuk. Untuk caranya, remas-remas beberapa helai daun pepaya muda hingga getahnya keluar.

Setelah itu, gunakan daun yang berlumuran getah untuk membungkus daging dan diamkan selama kurang lebih tiga jam. Jangan terlalu lama membungkus daging di daun pepaya agar getahnya tak mempengaruhi rasa pada daging.

Tips Mengempukkan Daging (via Lampung Post)

2. Air Lemon

Cara mengempukkan daging berikutnya adalah dengan menggunakan air lemon. Kamu bisa merendam daging dengan air lemon kurang lebih 30 menit sampai 2 jam. Asam pada lemon dapat membantu memecah daging yang keras sehingga bisa membantu melunakkan protein yang keras pada daging.

Tips Mengempukkan Daging (via Lifestyle Okezone)

3. Nanas


Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membantu mengempukkan daging. Caranya menggunakannya adalah dengan menghaluskan nanas lalu lalu lumurkan dan diamkan beberapa saat pada daging yang akan diolah.

Cara lainnya adalah masukkan beberapa potongan buah nanas saat daging direbus dan masak sampai matang. Namun perlu diingat, untuk tidak merendam daging dengan nanas selama lebih dari 12 jam. Hal ini dikarenakan nanas memiliki kandungan asam yang sangat kuat.

Tips Mengempukkan Daging (via Kompas)

4. Buah Pepaya muda


Sama seperti daun pepaya, buah pepaya juga kaya akan enzim papain. Pepaya muda merupakan buah yang mengandung lebih banyak enzim ini. Untuk menggunakannya, haluskan buah papaya muda yang sudah dikupas. Oleskan di atas daging lalu biarkan selama tiga jam. Pisahkan daging dengan pepaya sebelum dimasak.

TipsMengempukkan Daging (via KlikDokter)

5. Garam


Garam akan membantu menghancurkan protein pada daging sehingga membuatnya terasa empuk. Sebelum diolah, ada baiknya baluri daging dengan garam sampai rata. Lalu diamkan selama satu jam. Lalu olah daging setelah dibersihkan dengan air matang.

Itulah tips mengempukkan daging dengan bahan alami. Dengan tips di atas, ternyata mudah ya mengempukkan daging merah sebelum diolah. Jangan lupa menerapkan tips di atas ya!

 

TipsMengempukkan Daging (via Sajian Sedap)