Manfaat Mengonsumsi Kopi Bagi Kesehatan, Bukan Hanya Penghilang Kantuk

Tahukah kamu bahwa banyak sekali manfaat mengonsumsi kopi setiap hari? Tidak percaya? Yuk simak ulasan berikut ini!

Pernahkan kamu memikirkan apa manfaat mengonsumsi kopi? Bagi banyak kalangan, minuman ini dianggap sebagai moodbooster, terutama di pagi hari menjelang beraktivitas. Banyak pula yang menjadikannya teman bekerja untuk menghindari rasa kantuk dan lemas.

Faktanya, kopi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan selain dapat menjagamu tetap terjaga sepanjang hari. Bagi sebagian orang, mengonsumsi kopi di pagi hari merupakan ritual yang tidak boleh dilewatkan. Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi kopi yang bisa kita dapat? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Energi 

Kopi selalu identik sebagai penghilang kantuk karena kemampuannya untuk meningkatkan energi. Menurut jurnal Neuropsychobiology, kopi dapat membantu meningkatkan tingkat energi karena mengandung kafein. 

Kafein merupakan stimulan sistem saraf pusat yang bisa melawan kelelahan dan meningkatkan energi.  Karena itulah konsumsi minuman ini dapat membuat seseorang kembali on setelah sempat kelelahan dan kurang fokus.

Manfaat Mengonsumsi Kopi (via DokterSehat)

2. Membantu Lebih Fokus

Selain meningkatkan energi, manfaat minum kopi yang lain adalah dapat membantu tingkat fokus dan kewaspadaan. Kafein dalam kopi bertindak sebagai stimulan ringan untuk sistem saraf pusat. 

Kafein juga dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, seperti memori, suasana hati, waktu reaksi, kewaspadaan, perhatian, konsentrasi dan fungsi mental secara umum. Tidak heran jika konsumsinya cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari pelajar, pekerja kantoran, hingga pekerja outdoor.

Manfaat Mengonsumsi Kopi (via Otten Coffee)

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah mengurangi risiko diabetes. Studi menunjukkan bahwa risiko terkena diabetes turun 7% untuk setiap cangkir kopi yang kamu minum. 

Selain itu, studi epidemiologi menunjukkan bahwa peminum kopi berat memiliki risiko 50% lebih rendah terkena diabetes dibandingkan dengan peminum ringan atau yang bukan peminum kopi.

Manfaat Mengonsumsi Kopi (via Detik)

4. Melindungi Liver 

Minum satu cangkir kopi bisa menurunkan sekitar 15% penyakit hati dan minum empat cangkir kopi per hari dihubungkan dengan risiko 71% penyakit hati lebih rendah.  Penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan kemungkinan pembentukan jaringan parut di hati. 

Manfaat Mengonsumsi Kopi (via Tribun Pekanbaru)

5. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Biji dan buah kopi kaya akan antioksidan. Selain antioksidan, asam klorogenat, dan polifenol yang melimpah dalam kopi telah terbukti mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan pada tubuh dari penyakit kronis dan obesitas. 

Itulah tadi beberapa manfaat mengonsumsi kopi. Ternyata kopi memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, sering-sering mengonsumsi kopi juga tidak ada salahnya. Namun ingat untuk membatasi asupan gula saat kamu menyeduh kopi, ya.

Manfaat Mengonsumsi Kopi (via detikFood)