Obat Gatal Selangkangan yang Ampuh Hilangkan Gatal dan Ruam di Kulit

Obat gatal selangkangan yang ampuh sembuhkan gatal dan ruam.

Gatal selangkangan biasanya terjadi karena infeksi jamur yang umum yang mirip dengan kurap. Gatal ini biasanya menyebabkan ruam yang gatal, menyengat, dan terbakar pada kulit di sekitar selangkangan, paha bagian dalam, dan retakan pantat (celah gluteal). Tinea cruris adalah nama lain dari gatal selangkangan. Jika kamu sedang mengalaminya, gak perlu panik. Di artikel ini, akan dibahas obat gatal selangkangan yang ampuh

 

Jika kamu terinfeksi jamur ini, kulitmu bisa menjadi bersisik dan pecah-pecah atau timbul benjolan atau lecet. Jadi, sebisa mungkin untuk langsung diobati ya.

 

# Pengobatan Rumahan yang Bisa Kamu Gunakan untuk Mengatasi Gatal Selangkangan

 

Alkohol gosok dapat membantu menyembuhkan gatal di selangkangan ringan. Alkohol gosok dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan jamur di permukaan kulitmu. Namun, alkohol gosok dapat membuat kulitmu kering dan kencang, serta dapat memperburuk iritasi.

 

Selain alkohol gosok, beberapa pengobatan rumahan dapat membantu mencegah atau mengobati gatal di selangkangan.

 

Beberapa minyak esensial dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan bakteri. Ini termasuk pohon teh, jeruk pahit, peppermint dan minyak kayu putih. Namun, mereka mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan infeksi jamur.

 

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut ajoene. Ajoene dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan bakteri. Tapi, seperti minyak esensial, mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan infeksi jamur.

 

Jika kamu alergi terhadap minyak esensial atau bawang putih, jangan gunakan untuk mengobati gatal di selangkangan ya!

Bawang putih bisa atasi gatal selangkangan (orami.co.id)

# Obat Gatal Selangkangan di Apotek yang Bisa Kamu Gunakan

 

Cara tercepat untuk menyembuhkan gatal di selangkangan adalah dengan menggunakan krim, salep, gel, semprotan, atau bedak antijamur yang dijual bebas atau diresepkan. Dalam kasus yang lebih serius, penyedia layanan kesehatan mungkin meresepkan pil antijamur untuk mengobati gatal di selangkangan.

 

Kalau gatal di selangkanganmu belum begitu parah, coba beberapa obat di bawah ini yang bisa dengan mudah kamu temukan di apotek:

 1. Mycoral

 

Mycoral krim mengandung zat aktif ketoconazole2% yang ampuh mengatasi infeksi jamur pada bagian selangkangan. Obat ini berbentuk krim dan bisa kamu oleskan pada area infeksi 1-2 kali sehari sampai kondisi benar-benar membaik. Selain itu, obat ini dapat mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur lainnya seperti tinea korporis, tinea manus, tinea versikolor, kandidiasis serta dermatitis seboroik. Harganya sangat murahRp12rb – Rp16rb saja.

 2. Kalpanax K

 

Kalpanax-K 2% Cream hadir dalam bentuk krim dan dengan kemasan tube 5 gram. Cara penggunaannya dengan mengoleskan krim pada area yang terinfeksi 2 kali sehari dan ratakan dengan jari. Gunakan selama 2-6 minggu sampai sembuh. Untuk mencegah kambuh kembali, pengobatan harus diteruskan 10 hari setelah semua gejala hilang. Harganya sangat terjangkau ,hanya sekitar Rp13 ribu - Rp25 ribu saja.

 3. Trosyd

Salep Kalpanax K (Tokopedia.com)

 

Trosyd merupakan obat gatal selangkangan paling ampuh di apotik yang mengandung Tioconazole 1%. Obat ini mampu meredakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur seperti rasa gatal dan ruam pada kulit. Namun, karena tergolong obat keras, kamu perlu resep dokter untuk penggunaannya. Harganya berkisar Rp88 ribu- Rp158 ribu.

4. Zoralin

 

Obat gatal selangkangan Zoralin mengandung ketokonazol 2% yang dapat mengobati infeksi yang dikarenakan oleh jamur. Obat ini tak hanya bisa mengatasi rasa gatal di selangkangan, tapi juga dapat digunakan sebagai obat panu, kurap di badan dan leher, kutu air dan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur lainnya.

 

Kamu bisa menggunakan salep ini 1-2 kali sehari. Dan karena obat ini obat keras, kamu wajib menggunakan resep dari dokter. Harganya pun sangat terjangkau Rp13rb – Rp33rb.

5. Daktarin

 

Daktarin mengandung Mikonazol nitrat 2% yang dapat mengobati berbagai penyakit kulit, bercak putih atau merah pada kulityang diakibatkan oleh jamur dan super infeksi akibat bakteri Gram positif.

 

Daktarin tersedia dalam bentuk krim dan powder yang bisa kamu sesuaikan kebutuhan. Gunakan obat ini 2 kali sehari selama 2-6minggu dengan mengoleskan pada bagian kulit yang terinfeksi sesuai dengan aturan pakai. Daktarin tergolong obat bebas yang dapat dibeli secara bebas diapotik tanpa menggunakan resep dokter. Harganya juga masih terjangkau Rp23rb –Rp45rb.

 

Baca juga: Obat Gatal pada Kemaluan Wanita

 

Itu tadi 5 obat gatal selangkangan yang ampuh dan bisa dengan mudah kamu beli di apotek. Untuk pemulihan yang lebih cepat, penting juga untuk menjaga area tetap bersih, kering, dan sejuk.

Salep Trosyd (halodoc.com)