3 Cara Merawat Bibir Pecah-Pecah Secara Alami, Sudah Tahu Belum?

Cara merawat bibir pecah-pecah wajib banget di ketahui buat kamu yang ingin memiliki bibir lembab dan halus. Yuk simak ulasannya!

Cara merawat bibir pecah-pecah wajib banget diketahui buat kamu yang ingin memiliki bibir lembab dan halus. Pasalnya, bibir kering dan pecah-pecah tidak hanya menimbulkan rasa sakit, tapi juga rentan berdarah dan menyebabkan luka. Selain itu, bekasnya juga akan menghitam dan mengganggu penampilan.

Perlu diketahui bahwa kulit pada bagian bibir memang cenderung lebih tipis dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Karena itu, bila tidak dirawat dengan baik maka bibir akan mudah kecing dan pecah-pecah, terlebih saat cuaca terlalu dingin dan terlalu panas.

Kalau kamu termasuk orang dengan masalah bibir pecah-pecah. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk merawat bibir pecah-pecah sehingga menjadi lebih sehat. Apa saja?

1. GunakanScrub dari Gula

Cara merawat bibir pecah-pecah yang pertama adalah dengan menggunakan scrub dari gula. Cara ini digunakan untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada bibir sehingga lapisan baru bisa tumbuh dengan baik.

Caranya mudah, campur gula pasir atau garam laut dengan madu atau minyak. Kemudian, gosokkan secara perlahan campuran scrub tersebut pada bibir yang pecah-pecah.  Pijat-pijat dengan gerakan memutar yang lembut, kemudian bilas dengan handuk kecil yang sudah dibasahi.  Setelah itu, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab bibir, agar bibir tidak kering.

Cara Merawat BibirPecah-Pecah Secara Alami (via Tribunnews)

2. Gunakan Minyak Kelapa

Cara merawat bibir pecah-pecah kedua adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Pasalnya, minyak kelapa juga bisa melembabkan kulit, menghilangkan peradangan, dan mencegah infeksi bakteri. Cocok banget untuk mengembalikan kelembaban bibir.

Caranya penggunaannya juga mudah. Pertama, tuang minyak kelapa secukupnya, kemudian oleskan minyak kelapa pada permukaan bibir yang pecah-pecah. Tunggu selama beberapa menit, kemudian bilas bibir dengan air bersih atau bersihkan dengan handuk bersih yang sudah dibasahi.

Cara Merawat Bibir Pecah-Pecah Secara Alami (via Alodokter)

3. Gunakan Lidah Buaya

Cara merawat bibir pecah-pecah yang terakhir adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan anti peradangan yang ampuh mengatasi bibir pecah-pecah. Kamu bisa menggunakan produk gel lidah buaya yang dijual di pasaran, atau juga bisa mengambil lendir lidah buaya dari tanaman kamu sendiri di rumah.

Caranya mudah, olehkan gel atau lendir lidah buaya pada bibir yang kering. Gunakan maksimal tiga kali sehari untuk hasil yang cantik. Jika digunakan secara teratur, maka bibir akan lebih lembab dan terhindar dari pecah-pecah.

Nah, itu tadi tiga cara merawat bibir pecah-pecah secara alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Menggunakan bahan alami pastinya lebih aman dan minim efek samping. Selamat mencoba, ya.

Cara Merawat BibirPecah-Pecah Secara Alami (via Aido Health)