Sebelum Berkunjung, Yuk Ketahui Mitos dan Misteri Candi Prambanan

Bahkan setelah berusia ribuan tahun, misteri dan mitos Candi Prambanan masih menarik untuk diketahui. Yuk simak ulasan lengkapnya!

Bahkan setelah berusia ribuan tahun, misteri dan mitos Candi Prambanan masih menarik untuk diketahui. Tidak heran jika Candi Prambanan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika kamu berlibur ke kawasan Yogyakarta. 

Salah satu mitos yang terkenal adalah jika kamu mengunjungi Candi Prambanan bersama kekasih, maka tidak lama hubungan kalian akan berakhir. Selain itu, masih ada mitos-mitos lainnya yang juga bakal bikin perasaan campur aduk. Yuk, kita simak ulasannya!

1. Dibangun dalam Waktu Satu Malam

Mitos Candi Prambanan yang pertama adalah proses pembangunannya. Menurut berbagai sumber, Candi Prambanan disebut dibangun hanya dalam waktu 1 malam. Adapun pengerjaan candi ini dilakukan oleh Bandung Bondowoso yang dibantu oleh bangsa jin, dalam usahanya mendapatkan cinta Roro Jonggrang. 

Roro Jonggrang sendiri memberikan syarat yang cukup berat, yaitu meminta dibuatkan 1000 candi. Sayangnya usaha itu gagal, sehingga Bandung Bondowoso marah besar. Merasa dicurangi, dia tidak terima sehingga mengutuk Roro Jonggrang menjadi salah satu patung untuk melengkapi candi. 

Namun ini hanya mitos ya, nyatanya dalam sejarah yang terlihat dari Prasasti Siwargha, Candi Prambanan ini dibangun oleh Rakai Pikatan pada tahun 850 masehi dan memakan waktu hingga ratusan tahun. Rakai Pikatan membangun komplek Candi Prambanan sebagai persembahan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu. Selain itu, bentuk kompleks Candi Prambanan juga mengikuti pola mandala dengan bentuk candi menjulang khas candi Hindu.

Mitos Candi Prambanan (via Bola)

2. Cahaya Misterius Arca Dewi Durga

Dalam komplek Candi Prambanan, Arca Dewi Durga terletak di salah satu ruangan di dalam candi utama, yaitu Candi Siwa. Dalam kepercayaan Hindu, Dewi Durga adalah istri dari Dewa Siwa. Konon, ada cahaya yang sering muncul di sekitar Arca Dewi Durga. 

Cahaya misterius tersebut muncul di bagian wajah arca Dewi Durga dan selalu muncul pada setiap malam, saat bulan purnama. Cahaya ini dipercaya dapat memutus status lajang seseorang, oleh karena itu biasanya masyarakat yang belum memiliki pasangan datang untuk berebut mencari cahaya tersebut.

Mitos Candi Prambanan (via Daily Voyagers)

3. Mitos Putusnya Hubungan Pasangan

Mitos berikutnya muncul dari legenda Candi Prambanan, yaitu kandasnya cinta Bandung Bondowoso terhadap Roro Jonggrang. Padahal dalam usahanya untuk mendapatkan Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso telah menyanggupi pembangunan 1000 candi dalam satu malam seperti yang diminta Roro Jonggrang. Namun Roro Jonggrang berlaku curang dan membuat Bandung Bondowoso gagal sehingga dikutuk menjadi candi.

Karena legenda itulah siapapun sepasang kekasih yang masuk ke dalam Candi Prambanan maka cintanya akan kandas. Hal ini terjadi karena kutukan tersebut dipercaya ada di dalam Candi Prambanan. 

Mitos Candi Prambanan (via Balai Bahasa Jateng)

4. Misteri Hewan Aneh pada Relief

Seperti kebanyakan candi di Indonesia, Candi Prambanan kaya akan pahatan relief yang menggambarkan flora dan fauna Indonesia seperti burung kakak tua jambul kuning, rusa, kucing, kelinci, monyet, anjing, angsa, monyet dan burung. 

Namun, di Candi Prambanan ada beberapa relief yang tidak lazim seperti burung berkepala manusia, dan sebagainya. Masih menjadi misteri kenapa makhluk tidak lazim ini sudah terukir di relief pada zaman itu.

Contohnya ada hewan paling menyita perhatian. Hewan tersebut adalah kinara-kinara yang mengapit pohon kalpataru. Tidak diketahui dengan pasti jenis atau spesies apa sebenarnya makhluk kinara-kinara ini. Hewan tersebut memiliki wujud seperti burung namun memiliki kepala seperti manusia.

Nah, itulah beberapa misteri dan mitos dan Candi Prambanan yang hingga saat ini masih banyak dipercaya dan menjadi kisah turun-temurun. Kira-kira kamu percaya atau tidak nih dengan mitos di atas?

Mitos Candi Prambanan (via Mongabai)