Gak Suka Foya-foya, 6 Crazy Rich Berstatus Miliarder Dunia Ini Malah Terapkan Gaya Hidup Frugal, Siapa Saja Mereka?

6 Miliarder dunia yang terapkan frugal living, mulai dari Mark Zuckerberg sampai Ratu Elizabeth II.

Biasanya, orang kaya menghabiskan uangnya dengan sia-sia. Mereka banyak mengeluarkan harta demi menampilkan gaya hidup mewah dan membuat orang terpukau. Tapi ternyata, tidak semua orang kaya melakukan hal itu. Bahkan ada beberapa miliarder dunia yang justru memilih gaya hidup frugal atau hemat.

Pada dasarnya frugal living adalah gaya hidup hemat yang menjadikan seseorang sebisa mungkin menahan keinginan dan memprioritaskan kebutuhan. Mereka menekankan pada value atau nilai dari setiap barang yang dimilikinya. Lalu siapa saja miliarder dunia yang menerapkan frugal living? Berikut daftarnya!

Mark Zuckerberg

Saat usianya masih 23 tahun, CEO Meta ini sudah punya kekayaan mencapai US$ 1 miliar. Dengan hartanya itu, Mark Zuckerberg sebenarnya bisa membeli Ferrari setiap hari dalam sebulan. Tapi kenyataannya tidak begitu. Mark justru dilaporkan hanya mengendarai mobil Volkswagon GTI yang harganya US$ 30.000.

Selain itu, penerapan frugal living Mark Zuckerberg juga terlihat dari gaya berpakaiannya. Pria 38 tahun itu selalu berpenampilan kasual dengan kaus, jeans dan hoodie. Tak hanya itu, Mark juga melangsungkan pernikahan dengan pacar lamanya Priscillia Chan di belakang rumah.

Bahkan dalam perjalanan bulan madunya ke Italia pada 2012 silam, keduanya terlihat makan di McDonald's. Rumah terbaru yang dibeli Mark Zuckerberg di tahun 2011 seharga US$ 7 juta disebut-sebut pembelian termahalnya. Padahal Mark mampu membeli rumah yang lebih mahal.

Mark Zuckerberg (Kompas)

Bill Gates

Bill Gates yang begitu terkenal dengan Microsoftnya memiliki kekayaan mencapai US$ 132,1 miliar. Namun siapa sangka, dengan kekayaannya yang begitu melimpah, Gates justru memilih untuk hidup hemat. Kalau banyak orang kaya memilih memakai jam tangan Rolex, Bill Gates hanya memakai jam tangan US$ 10atau sekitar Rp 144 ribu.

Bill Gates (RMOL)

Warren Buffett

Warren Buffet merupakan salah satu miliarder penganut frugal living dalam dunia bisnis di bidang investasi. Berbeda dengan keluarga Kardashian yang mungkin tinggal di mansion ke mansion, Warren tetap memilih tinggal di rumah lima kamar tidur berukuran 6.570 kaki persegi di Omaha, Nebraska.

Rumah itu, dibelinya pada tahun 1958 seharga US$ 31.500. Ini menjadi rumah kesayangannya karena ditumbuhi pepohonan yang rindang. Warren Buffet menganggap rumah tersebut sebagai investasi terbaik ketiga yang pernah dilakukannya. Padahal sebenarnya, Warren bisa saja membeli rumah yang lebih bagus dari itu.

Ratu Elizabeth II

Sudah bukan rahasia kalau mendiang Ratu Inggris Elizabeth II memiliki kekayaan yang berlimpah. Meski begitu, ibu dari Raja Charles III ini dilaporkan sangat hati-hati dalam membuka kado apapun. Hal ini karena dia tidak ingin merusak kertas kado tersebut dan memilih untuk menyimpannya untuk digunakan kembali.

Walaupun Istana Buckingham pasti mampu membeli beberapa gulungan bungkus kado setiap saat, namun tidak ada satupun orang yang bisa menghentikannya. Kebiasaan itu bahkan berlanjut sampai Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Selain itu, Sang Ratu juga tidak ragu menggunakan pakaian yang sama dalam beberapa kesempatan.

Ratu Elizabeth II (SINDOnews)

Carlos Slim

Pria yang dikenal sebagai raja bisnis asal Meksiko ini memiliki kekayaan yang diperkirakan mencapai US$55,3 miliar pada 2021 lalu. Ini menempatkannya dalam daftar orang terkaya di dunia di peringkat 22. Namun, Slim tidak selalu hidup seperti miliarder lainnya. 

Sama seperti Warren Buffett, Carlos Slim lebih memilih tinggal di rumah Mexico City dengan enam kamar tidur. Rumah tersebut dekat tempat dia dibesarkan atau tempat dia tinggal selama lebih dari 40 tahun. Dia pun tidak menghabiskan kekayaannya dengan memiliki kapal pesiar atau pesawat.

Carlos Slim (Okezone)