Bikin HRD Terkesan, Ini 6 Tips Sukses Interview Kerja yang Harus Kamu Tahu

Setiap orang tentunya ingin memiliki pekerjaan, namun sayangnya tidak semua memahami tips sukses interview kerja. Yuk simak ulasannya!

Setiap orang tentunya ingin memiliki pekerjaan, namun sayangnya tidak semua memahami tips sukses interview kerja. Terutama jika kamu belum memiliki pengalaman, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar proses interview berjalan sukses. Selain melatih skill agar sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan, berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan:

1. Lakukan Riset

Sebelum melakukan interview kerja, lakukan riset agar kamu mengerti benar posisi yang dan latar belakang perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap tentang produk dan layanannya, profil perusahaan, atau bahkan strategi promosi perusahaan. Hasil riset ini akan berguna ketika HRD menanyakan mengenai posisi yang ada dan bagaimana kamu bisa menjadi kandidat yang tepat bagi posisi tersebut. 

Tips Sukses Interview Kerja (via Talenta)

2. Datang tepat waktu

Saat menghadiri interview kerja, jangan datang terlambat. Bahkan kamu bisa datang 15 menit lebih awal. Lakukan ini baik untuk interview online atau offline. Datang tepat waktu memberi kesan bahwa kamu memiliki disiplin tinggi. Karena itu, supaya tidak terlambat, kamu bisa mencari tahu lokasi kantor sehari sebelumnya.

Tips Sukses Interview Kerja (via Merdeka)

3. Berpakaian Sopan dan Rapi

Saat melakukan interview, HRD menilai banyak hal mulai dari sikap hingga pakaian yang kamu gunakan. Karena itu, jika perusahaan tidak mensyaratkan pelamar untuk memakai pakaian tertentu, maka gunakan pakaian yang sopan dan rapi. Sebelumnya kamu bisa mempelajari cara berpakaian karyawan di perusahaan tersebut lalu menyesuaikan gaya berpakaianmu. 

Begitu juga saat kamu melakukan interview online, selain pakaian pastikan juga kamu memilih tempat interview yang nyaman dengan pencahayaannya yang bagus. Hindari area yang bising karena akan mengganggu kelancaran interview.

Tips Sukses Interview Kerja (via Kompas)

4. Bersikap Santun dan Hormat

Perlakukan orang-orang yang ada di sekelilingmu dengan santun dan hormat. Bukan hanya HRD yang mewawancaraimu, namun juga resepsionis perusahaan, hingga petugas keamanaan yang bertemu denganmu di pintu depan. 

Tips Sukses Interview Kerja (via Ekrut)

5. Jawab Pertanyaan secara Singkat dan Jelas

Saat HRD mengajukan pertanyaan, hindari jawaban-jawaban yang berbelit-belit dan tidak tepat. Jawablah pewawancara dengan jawaban yang sederhana sesuai dengan pertanyaan yang disampaikan.

Tips Sukses Interview Kerja (via Anak UI)

6. Jangan Menyombong kepada HRD

Saat HRD menanyakan tentang apa kelemahan dan kelebihan, kamu boleh menonjolkan kemampuan yang kamu miliki. Uraikan kemampuan yang membuatmu yakin bisa mengisi posisi kosong di perusahaan. Namun ingat, jelaskan dengan singkat dan akurat. Jangan terlihat menyombongkan diri saat interview berlangsung.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar sukses menghadapi interview kerja. Semoga tips ini membantumu untuk mendapatkan pekerjaan, ya! Selamat berusaha dan semoga berhasil!

Tips Sukses Interview Kerja (via Kompas)