4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Usia 30 Tahun, Kamu Sudah?

Ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum usia 30 tahun karena ketika sudah di usia tersebut kita sudah dianggap dewasa dan matang. Yuk intip!

Ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum usia 30 tahun. Mengingat ketika seseorang telah menginjak usia 30 tahun, artinya sudah dianggap dewasa dan matang. Mereka mungkin tidak lagi memiliki waktu karena kesibukan atau keluarga. 

Lantas sebelum melanjutkan hidup menjadi manusia dewasa sepenuhnya yang disibukkan dengan urusan dunia, apa yang seharusnya dilakukan sebelum usia 30 tahun? Yuk, cek daftarnya berikut ini.

1. Kerja Keras

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menginjak usia 30 tahun adalah bekerja keras. Usia muda bukan berarti kamu bisa santai seperti di pantai. Tapi usia 21 hingga 30 tahun sebaiknya digunakan untuk bekerja keras, agar ketika menginjak usia 30 tahun, hidupmu sudah cukup mapan.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Usia 30 Tahun (via Beauty Journal)

2. Banyak Membaca

Membaca memang tidak bisa dibatasi usia, karena buku adalah jendela dunia. Namun sebelum kamu disibukkan dengan urusan pekerjaan atau keluarga hingga membuat tidak sempat membaca banyak buku. 

Sebaiknya gunakan masa mudamu untuk banyak membaca agar pengetahuanmu lebih luas. Karena semua hal yang kamu baca bisa membantu kamu dalam menjalani karier dan kehidupan pribadi kamu.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Usia 30 Tahun (via IDN Times)

3. Memiliki Gaya Hidup Sehat

Makan sembarangan tanpa menjaganya, akan membuat kamu merasakan sakit saat tua nanti. Jadi sebaiknya miliki gaya hidup sehat saat muda, agar saat tua kamu tetap sehat dan bebas penyakit. Dengan begitu kamu bisa memiliki peluang untuk berumur panjang dan lebih lama bersama orang-orang tersayang.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Usia 30 Tahun (via HappyFresh)

4. Mencoba Hal Baru

Di usia berapa pun kamu bisa mencoba hal-hal baru. Tapi seharusnya kamu sudah melakukannya saat usiamu belum 30 tahun. Sehingga saat memasuki usia 30 tahun, kamu sudah tahu betul apa yang kamu inginkan dalam hidup.

Nah, sekarang sudah tahu kan hal yang harus dilakukan sebelum usia 30 tahun apa saja? Kira-kira dari daftar tadi, mana saja yang sudah kamu lakukan?

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Usia 30 Tahun (via Hipwee)