3 Surga Kopi di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Para Pecinta Kopi

Kalau kamu termasuk pecinta kopi, pasti kamu sudah tahu daerah mana saja yang menjadi surga kopi di Indonesia.

Kalau kamu termasuk pecinta kopi, kamu pasti tahu kalau ada surga kopi di Indonesia yang menyediakan berbagai macam jenis kopi. Di tempat ini, kamu tidak hanya bisa melihat para petani kopi, tapi kamu juga secara langsung melihat proses memanen kopi hingga penyajiannya.

Jangan mengaku pecinta kopi deh kalau kamu enggak tahu surga kopi di Indonesia ini. Kalau kamu penasaran berikut ini tempat-tempat mana saja yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati kopi.

1. Aceh

Tempat pertama adalah Aceh yang memang terkenal dengan produksi kopinya. Di Aceh Tengah dan Bener Meriah, kamu bisa menemukan lahan produksi kopi terbesar di asia dengan total rata-rata 31.383.125 ton pertahun.

Kalau kamu berkunjung ke kebun kopi yang menghasilkan sekitar 750 kg kopi per tahun  kopi yang diproduksi sekitar 750 kg per tahun.

Di lahan seluas 95 ribu hektare ini, kamu bisa melihat langsung perkebunan kopi dan proses pengolahannya. Jangan lupa untuk mencicipi Kopi Arabica Gayo yang sudah tersohor ya.

Surga Kopi di Indonesia (via Bukalapak)

2. Sumatera Utara

Selain Aceh, ada juga Sidikalang, ibukota Kabupaten Dairi yang terletak di barat laut Sumatera Utara yang merupakan tempat penghasil kopi terbaik. Bahkan kopi-kopi di sini bisa bersaing dengan kopi terbaik asal Brazil lho.

Tapi kalau mencicipi kopi di sini, kamu harus sedikit waspada ya. Karena kalau enggak biasa, kamu bisa merasakan jantung yang berdebar-debar bahkan begadang semalaman.

Surga Kopi di Indonesia (via Orami)

3. Garut, Jawa Barat

Terakhir adalah Garut di Jawa Barat yang merupakan daerah eksploitasi komoditas kopi selama hampir dua abad oleh kolonial Belanda. Saking lamanya, daerah ini sampai memiliki nama yang keren lho yakni Java Preanger yang berarti kopi priangan. Kopi priangan adalah kopi asli Jawa Barat.

Nah, itu tadi tiga surga kopi di Indonesia yang wajib banget dikunjungi kalau kamu mengaku pecinta kopi.

Surga Kopi di Indonesia (via Shopee)