Daniel Mananta Dikabarkan Mualaf, Sederet Artis Keturunan Tionghoa yang Masuk Islam

Daniel Mananta Dikabarkan Mualaf, Sederet Artis Keturunan Tionghoa yang Masuk Islam.

Nama Daniel Mananta tengah jadi perbincangan banyak orang karena diduga mualaf setelah mengikuti pengajian Ustaz Abdul Somad (UAS) beberapa waktu silam. Memang Daniel yang keturunan Tionghoa belum memberikan pernyataan resmi jika ia sudah pindah agama dan memutuskan masuk agama Islam.

Daniel dikenal sebagai artis yang beragama Katolik. Ia pun cukup taat dalam menjalani keyakinannya. Namun Daniel dinilai sudah memberikan pernyataan kontroversial saat setuju dengan pernyataan UAS tentang adanya dugaan roh jahat dalam patung di salib Katolik. Konon banyak orang Katolik yang menyayangkan sikap Daniel.

Di Indonesia sendiri ada beberapa publik figur keturunan Tionghoa yang memutuskan untuk jadi seorang mualaf. Apakah Daniel akan menyusul orang-orang keturunan Tionghoa yang bakal masuk Islam?

Roger Danuarta

Nama pertama artis keturunan Tionghoa yang masuk Islam adalah pesinetron Roger Danuarta. Seperti diketahui Roger resmi memeluk agama Islam pada tahun 2018 lalu. Roger masuk Islam diduga karena saat itu sedang menjalani hubungan asmara dengan Cut  Meyriska. Hubungan mereka pun semakin serius dan berencana untuk menikah.

Kabarnya Cut Meyriska setiap mendampingi Roger untuk belajar agama Islam hingga menemani Roger saat proses mualaf. Setahun kemudian pada 2019 Roger dan Cut Meyriska menikah dan kini sudah dikaruniai dua orang anak. Roger diketahui memiliki masa lalu yang suram karena pernah tersandung kasus narkoba.

Daniel Mananta Dikabarkan Mualaf, Sederet Artis Keturunan Tionghoa yang Masuk Islam (Tribun)

Deddy Corbuzier

Nama Deddy Corbuzier tidak bisa dipisahkan dalam daftar orang keturunan Tionghoa yang masuk Islam. Pada tahun 2019 Deddy yang dulunya beragama Katolik lakukan proses mualaf dengan bantuan guru spiritualnya yang bernama Gus Miftah di Pesantren Ora Aji, Yogyakarta.

Setelah mualaf, Deddy pun menjalani keyakinannya dengan baik, mulai dari melakukan salat dan salat Jumat, hingga berpuasa. Dulu keputusan Deddy mualaf dikaitkan dengan kekasihnya Sabrina Chairunissa yang bersama Islam. Namun Deddy tegaskan jika ia pindah agama bukan karena desakan atau keterpaksaan dari orang lain.

Daniel Mananta Dikabarkan Mualaf, Sederet Artis Keturunan Tionghoa yang Masuk Islam (Tempo.co)

Soraya Larasati

Soraya Larasati merupakan salah satu artis mualaf  di Indonesia. Artis cantik yang hobi olahraga lari ini memiliki kisah yang inspiratif sebelum memeluk agama Islam. Bahkan setelah mualaf, Soraya mengubah penampilannya dengan mengenakan hijab.

Soraya menjadi mualaf pada tahun 2012 lalu. Dalam keluarga ia dibesarkan dalam suasana toleransi yang begitu kental. Saat masih muda dulu, Soraya senang menghabiskan waktu di malam hari dengan mendatangi tempat hiburan malam. Suatu malam dia melihat ayahnya sedang salat tahajud di rumah dan membuat Soraya terpanggil untuk menjadi sosok yang lebih alim hingga mengenakan hijab.

Daniel Mananta Dikabarkan Mualaf, Sederet Artis Keturunan Tionghoa yang Masuk Islam (Okezone)

Angel Lelga

Satu lagi artis keturunan Tionghoa yang memutuskan masuk Islam. Dia adalah Angel Lelga. Nama Angel Lelga sempat ramai diperbincangkan di tahun 2000-an karena diduga memiliki hubungan dengan Rhoma Irama. Angel masuk Islam sebelum isu pernikahan dengan sang raja dangdut mencuat.

Meski kini sudah tak lagi berhubungan, namun Angel tetap menjaga sikapnya untuk jadi sosok muslimah yang baik. Angel diketahui tetap mengenakan hijab dan penampilannya jadi tertutup. Angel terakhir menikah dengan Vicky Prasetyo namun berujung perpisahan.