5 Alasan Traveling Menggunakan Kereta Api Lebih Seru, Bener Nggak Sih?

Ternyata banyak alasan traveling menggunakan kereta api, salah satunya yaitu bisa sambil menikmati pemandangan alam.

Berbagai moda transportasi saat ini sudah tersedia untuk mempermudah mobilitas. Namun dari sekian banyak sarana, kereta api tetap palin banyak diminati. Apa kamu juga salah satu penggemar traveling di atas rel?

Saat traveling, tentu saja kamu bebas memilih mau menggunakan moda kendaraan apa saja tergantung kenyamanan masing-masing. Namun ternyata banyak alasan traveling menggunakan kereta api lho, salah satunya yaitu lebih seru. Benarkah demikian?

Buat kamu yang masih bingung mau memilih moda transportasi apa untuk traveling selanjutnya. Yuk, coba cek dulu beberapa alasan mengapa traveling menggunakan kereta api lebih seru dibandingkan transportasi yang lain.

1. Terhindari dari Kemacetan

Sebagian orang beranggapan, traveling menggunakan kereta api akan membuat kamu jadi terbebas dari kemacetan. Mengingat ketika musim liburan kemacetan kemungkinan besar terjadi karena naiknya volume kendaraan. 

Nah agar nyaman dan bebas macet, traveling menggunakan kereta api adalah solusinya. Dalam perjalanan darat, perjalanan kereta adalah yang paling diprioritaskan dan memiliki jalur sendiri sesuai dengan ketetapan KAI.

Alasan Traveling Menggunakan Kereta Api (via Antaranews)

2. Tepat Waktu

Karena terhindari dari kemacetan, kereta api dianggap lebih tepat waktu dibanding dengan kendaraan darat lainnya. Pasalnya, semua kereta beroperasi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, mulai dari jam berangkat, jam transit, hingga waktu kedatangan. Jika meleset, dampaknya akan sangat signifikan untuk jadwal lainnya.

Kendala utama kereta api biasanya keterlambatan datang atau penundaan jadwal keberangkatan. Namun, hal tersebut jarang sekali terjadi. Sehingga bagi kamu yang ingin datang tepat waktu sesuai rencana, kamu bisa mengandalkan kereta api.

Alasan Traveling Menggunakan Kereta Api (via Medcom)

3. Bisa Menikmati Pemandangan Sepanjang Perjalanan

Selain bebas macet dan tepat waktu, dengan traveling menggunakan kereta api kamu bisa memanjakan mata. Karena kamu bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Mulai dari perbukitan hijau, hamparan sawah, hingga suasana pedesaan yang asri dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Jadi selama perjalanan, kamu enggak harus membunuh rasa bosan dengan bermain gadget. Pemandangan selama perjalanan sudah berhasil membuat kamu nyaman. Namun jika kamu menempuh perjalanan yang memakan waktu lama, jangan lupa membawa baju hangat dan peralatan tidur yang memadai. 

Alasan Traveling Menggunakan Kereta Api (via Phinemo)

4. Fasilitas Kereta Api Cukup Memadai

Berbeda dengan zaman dulu, saat ini layanan kereta api sudah sangat memanjakan pengunjung. Tak ada lagi penumpang berdiri, karena setiap pengguna diwajibkan membeli tiket dan menentukan tempat duduk. Saat ini bahkan sudah tersedia fasilitas kursi yang didesain nyaman untuk tidur saat perjalanan jauh. Jangan lupa juga mencicipi menu lezat yang disediakan oleh koki kereta api.

Alasan Traveling Menggunakan Kereta Api (via Liputan6)

5. Harga Tiket Lebih Ekonomis

Alasan terakhir mengapa traveling menggunakan kereta api lebih seru adalah karena harga tiketnya yang terjangkau. Karena menganggut banyak orang sekaligus, harga tiket jelas lebih murah dibandingkan transportasi umum lain. 

Kamu bahkan bisa lebih menghemat biaya akomodasi perjalanan dengan mendapatkan promo tiket murah meriah. Tapi tentu kamu harus aktif mencari informasi mengenai promo atau diskon harga tiket murah meriah ya.

Nah, itu tadi empat alasan traveling menggunakan kereta api lebih seru dibanding transportasi lainnya. Ternyata perjalanan di atas rel tidak seburuk yang dibayangkan kebanyakan orang. 

Meski demikian, harus diakui bahwa transportasi ini memang kurang cocok untuk penumpang yang sedang terburu-buru karena perjalanannya cukup lama jika dibandingkan dengan pesawat. Kalau kamu tipe yang mana? Suka kereta api atau armada lainnya? Apapun itu, pastikan selalu memperhatikan safety selama perjalanan ya!

Alasan Traveling Menggunakan Kereta Api (via Pasardana)