Sedih! 8 Grup K-Pop Ini Kehilangan Member Sepanjang 2022, Terbaru Mashiho Dan Yedam TREASURE

8 Grup K-Pop yang kehilangan membernya sepanjang tahun 2022, mulai dari SECRET NUMBER hingga TREASURE.

Keputusan Mashiho dan Yedam untuk hengkang dari TREASURE dan YG Entertainment sukses mengejutkan para fans. Bagaimana tidak, sebelumnya mereka diumumkan hanya istirahat sementara dari aktivitas grup. Tapi kemudian, muncul pengumuman keduanya meninggalkan grup yang sudah membesarkan namanya.

Hengkangnya idol K-Pop dari grupnya, tentu seperti mimpi buruk bagi para fans. Tidak ada penggemar yang menginginkan hal itu terjadi. Meski demikian, penggemar tidak bisa melakukan apapun jika keputusan itu sudah disepakati. Selain Mashiho dan Yedam, di tahun 2022 ini, ada beberapa grup K-Pop yang juga kehilangan anggotanya.

Tak hanya dari grupnya saja, beberapa dari mereka bahkan tak lagi terikat kontrak dengan agensi yang menaunginya. Siapa saja grup K-Pop yang kehilangan anggotanya di tahun 2022 ini? Para fans harap tetap tabah dan kuat, ya. Berikut daftarnya!

Secret Number

Secret Number adalah grup pertama yang kehilangan member mereka di tahun ini. Hal itu setelah Denise diumumkan secara resmi keluar dari Secret Number pada 5 Februari 2022. Denise memutuskan untuk keluar dan tidak memperpanjang kontraknya dengan Vine Entertainment yang sudah berakhir. Setelah keluarnya Denise, Secret Number memiliki dua member baru yakni Minji dan Zuu.

Denise Eks Secret Number (Liputan6)

APink

Naeun memutuskan untuk meninggalkan APink setelah 11 tahun bersama pada 8 April 2022 lalu. Hal ini menyusul keputusan Naeun mengakhiri kontraknya dengan IST Entertainment tahun 2021 lalu. Naeun memutuskan hengkang dari grup yang membesarkan namanya karena jadwalnya bentrok setelah dia pindah agensi ke YG Entertainment untuk fokus berakting sebagai aktris.

Naeun Eks Apink (Instagram)

Oh My Girl

Tidak lama setelah Apink tepatnya pada 9 Mei 2022, Oh My Girl mengumumkan Jiho keluar dari grup, dengan alasan tidak memperbarui kontrak. Mirip seperti Naeun, Jiho juga meninggalkan grup setelah 7 tahun bersama untuk kembali fokus pada karirnya sebagai aktris.

Jiho Eks Oh My Girl (Pikiran Rakyat)

Weeekly

Setelah beberapa kali hiatus, Weeekly mengumumkan Jiyoon keluar dari grup pada 1 Juni 2022 karena masalah kesehatan. Jiyoon diketahui telah menjadi pejuang kesehatan mental. Sehingga, keputusannya keluar dari grup dinilai lebih baik baginya untuk fokus pada perawatan dan penyembuhan.

Jiyoon Eks Weeekly (Bogor Daily)

LE SSERAFIM

Setelah diumumkan vakum, Kim Garam hengkang dari grup rookie LE SSERAFIM pada 20 Juli 2022. Dia dikeluarkan atas desakan publik hanya beberapa bulan setelah memulai debut. Pihak agensi HYBE LABELS dan Source Music kemudian menyatakan kalau LE SSERAFIM akan melanjutkan aktivitas dengan lima anggota.

Kabar ini tentu menyita perhatian publik. Terlebih, Kim Garam dikeluarkan setelah tersandung rumor kekerasan sekolah dan intimidasi yang dialamatkan padanya. Tapi pada 25 Oktober 2022, Komite Penanggulangan Kekerasan Sekolah merilis hasil investigasi yang menyatakan Kim Garam tidak bersalah atas kasus bullying yang dituduhkan.

Kim Garam Eks LE SSERAFIM (Parapuan)

Fromis_9

Satu lagi kabar kehilangan member yang tidak kalah mengejutkan di bulan Juli adalah saat Gyuri mengumumkan keputusannya untuk keluar dari fromis_9. Kontraknya dengan label JUST Entertainment berakhir pada 31 Juli 2022. Dia pun memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak.

Gyuri Eks Fromis_9 (Tempo.co)

VICTON

Di awal bulan Oktober, fans VICTON dikejutkan dengan kabar Heochan terlibat dalam insiden berkendara dalam keadaan mabuk (DUI). Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas tindakannya, Heochan memutuskan untuk meninggalkan VICTON. Hal ini dilakukan agar dirinya tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada teman satu grupnya.

Heochan Eks VICTON (Grid.ID)

TREASURE

Pada 8 November, YG Entertainment tiba-tiba mengabarkan jika Yedam dan Mashiho hengkang dari TREASURE dan memutuskan kontrak dengan agensi. Padahal sebelumnya pada Mei 2022, Bang Yedam dilaporkan hiatus karena fokus belajar musik. Sementara Mashiho memutuskan hiatus karena masalah kesehatan. 

Tapi enam bulan setelahnya, pihak agensi malah mengabarkan keduanya keluar dari grup. Yedam disebut akan melanjutkan kariernya sebagai produser, sedangkan Mashiho ingin fokus pada pemulihan kesehatannya. YG Entertainment lantas mengabarkan TREASURE akan melanjutkan promosi dengan 10 anggota.

Yedam dan Mashiho Eks TREASURE (Bicara Berita)