Serem Banget, Ini 4 Misteri Gunung Salak yang Sukses Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Setiap gunung pasti menyimpan kisah horornya masing-masing, seperti halnya Gunung Salak. Ada misteri apa di sana?

Setiap gunung tentu menyimpan kisah mistisnya masing-masing, seperti misteri Gunung Salak yang selalu berhasil bikin bulu kuduk meremang jika mendengar kisahnya.Bagi kamu yang suka mendaki, pasti tahu kalau Gunung Salak merupakan salah tujuan pendakian yang banyak diminati. 

Meski terlalu tinggi, namun banyak pendaki yang merasa tertantang untuk menaklukkan ketinggian gunung tersebut serta membuktikan sendiri misteri yang ada di sana. Kalau kamu penasaran misteri apa yang tersimpan di Gunung Salak, berikut ini penjelasannya!

1. Kerajaan Ghaib Padjajaran

Sebagian besar masyarakat Sunda mempercayai bahwa arwah leluhur Kerajaan Padjajaran masih berada di salah satu puncak Gunung Salak, yaitu Puncak Manik. Kepercayaan ini didasari oleh beberapa kejadian yang dialami sendiri oleh para pendaki. 

Mereka sering melihat Puncak Manik dipenuhi oleh orang-orang yang berlalu-lalang seakan sedang berpatroli. Karena itu, Puncak Manik dianggap suci dan disakralkan oleh penduduk setempat. Bahkan sebisa mungkin Puncak Manik dijauhkan dari berbagai macam aktivitas manusia.

Misteri Gunung Salak (via 99)

2. Anomali Magnetik yang Mengakibatkan Jatuhnya Pesawat

Tentu masih lekat dalam ingatan tentang Pesawat Sukhoi yang jatuh di Gunung Salak pada tahun 2012. Saat itu Maskapai Sukhoi tengah melakukan penerbangan demonstrasi Wellcome Asia yang berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma.

Usut punya usut, ternyata Gunung Salak memiliki anomali magnetik atau sedotan magnet yang sangat besar sehingga membuat sinyal kompas tak berfungsi dan pesawat bisa gagal mengirim sinyal emergency serta radar juga bisa mati.

Misteri Gunung Salak (via Republika)

3. Harta Karun Terpendam

Harta karun ternyata tidak hanya ada dalam cerita film saja. Pasalnya beberapa waktu lalu masyarakat Cidahu yang tinggal di lereng Gunung Salak meruntuhkan benteng Belanda untuk mencari harta karun di sekitar gunung. Namun sayangnya, usaha ini tidak menghasilkan apapun.

Hal ini didasari oleh kabar bahwa semasa Perang Dunia 2 lalu, saudagar dan pejabat Kerajaan Belanda diketahui menguburkan harta kekayaan mereka di sekitar Gunung Salak.

Misteri Gunung Salak (via Liputan6)

4. Tempat Para Iblis

Gunung Salak memiliki dua titik yang diketahui banyak menyebabkan para pendaki tersesat dan meninggal, yakni Kawah Ratu dan Curug Seribu. Karena seringnya terjadi hal serupa, akhirnya muncul anggapan bahwa dua tempat tersebut merupakan tempat para iblis penunggu gunung yang mengambil nyawa sebagai tumbal.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja misteri gunung salak yang begitu menyeramkan. Masih berani mendaki ke sana? Kalau belum punya persiapan cukup, mending jangan nekat deh!

Misteri Gunung Salak (via Detik Travel)