Mengenal Istilah Mask Fishing yang Sedang Viral Di Tiktok

Media sosial memang sering memunculkan trend-trend baru, salah satunya mask fishing. Apa itu? Simak ulasannya!

Media sosial memang sering memunculkan trend-trend baru. Termasuk diantaranya adalah kata-kata viral. Salah satu media sosial yang sering menyumbangkan kata-kata viral adalah TikTok. Kali ini, istilah baru yang muncul adalah mask fishing. Kali ini, kita akan mengenal istilah mask fishing yang sedang viral di TikTok.

Asal Usul Istilah Mask Fishing

Awalnya kata mask fishing merupakan peranakan dari istilah ‘catfishing’. Berawal dari film dokumenter berjudul Catfish pada 2010 lalu, catfishing sendiri merupakan bahasa gaul mengenai seseorang yang salah mengartikan identitas seseorang secara online. Kemudian muncullah mask fishing yang mulai dikenal seiring pandemi virus corona yang memaksa orang menjalani kehidupan sehari-hari di rumah. 

Karena kebutuhan untuk tetap beraktivitas namun hanya terbatas di rumah saja, akhirnya semakin banyak orang menggunakan berbagai aplikasi untuk berbicara dengan orang lain selama pandemi. Dan tak jarang orang yang tetap menggunakan masker saat berkomunikasi melalui media online.

Mask Fishing (via Sukabumiupdate)

Apa Itu Mask Fishing?

Istilah mask fishing diketahui adalah kata yang diambil dari bahasa inggris yang memiliki terjemahan mask adalah topeng atau masker dan fishing adalah memancing. Jika diartikan secara harfiah, mask fishing berarti memancing masker. Terdengar aneh bukan? Jelas karena bukan itu arti dari mask fishing yang beredar di TikTok.

Istilah mask fishing merujuk pada tren kecantikan visual seseorang ketika mengenakan masker, yaitu fenomena ketika orang menjadi lebih ganteng atau cantik ketika mengenakan masker di wajah. Karena itulah muncul tren pengguna TikTok yang membuat video mask fishing dengan bertanya “Apakah saya mask fishing?”. Pertanyaan ini berarti menanyakan apakah pembuat video tersebut lebih ganteng atau cantik ketika mengenakan masker.

Mask Fishing (via Trojan Tribune)

Mask Fishing (via KPOPKUY)

Selanjutnya, pembuat video akan bertanya kepada pengikut mereka apakah masker mereka menutupi fitur yang mungkin mereka anggap tidak menarik. Karena ternyata banyak pembuat video yang menunjukkan bahwa masker bisa menyembunyikan banyak jerawat. Dengan kata lain, semakin banyak orang yang yang merasa nyaman dan percaya diri tampil dengan menggunakan masker.

Kalau kamu bagaimana? Apa lebih nyaman dan percaya diri memakai masker? Atau ingin mengikuti tren mask fishing yang sedang viral di TikTok ini?