Bebas Melanggar Aturan, Ternyata Begini Fakta Gaya Hidup Donju di Korea Utara

Walaupun terkenal dengan aturan yang sangat ketat, namun ternyata ada kaum borjuis yang menerapkan gaya hidup Donju di Korea Utara.

Korea Utara memang terkenal dengan aturannya yang ketat, tertutup, dan terbelakang, penduduknya pun diatur dan dibatasi. Namun dibalik semua itu, ternyata terdapat para borjuis yang menerapkan gaya hidup Donju di Korea Utara. Bahkan mereka bisa melanggar aturan pemerintah lho.

Di Korea Utara tidak semua orang diatur dan dibatasi oleh pemerintah. Sekelompok orang kaya yang disebut dengan Donju bebas melakukan apa saja di sana. Penasaran dengan kaum borjuis yang ada di Korea Utara ini? Berikut ini fakta-faktanya.

1. Siapa saja yang termasuk dalam kalangan borjuis Donju?

Donju, dalam bahasa Korea berarti penguasa uang. Maka kalangan Donju ini merupakan orang-orang berduit. Para borjuis yang bisa masuk dalam golongan ini umumnya adalah dari kalangan pemerintah, militer, penjual di pasar gelap, atau penguasa pasar Korea Utara.

Gaya Hidup Donju di Korea Utara (via Dunia Tempo)

2. Punya Kawasan Elit Sendiri

Para borjuis Donju ini memiliki kawasan elite sendiri dengan sebutan Pyonhattan. Sangat berbeda dengan penduduk biasa di Korea Utara yang memiliki kondisi pemukiman seadanya. Pyonhattan adalah kawasan pemukiman mewah, dan fasilitasnya lengkap banget. Mulai dari supermarket, fasilitas gym, wahana permainan air, hingga lokasi berkuda.

Gaya Hidup Donju di Korea Utara (via IDN Times)

3. Bebas Pergi ke Luar Negeri

Kamu pasti tahu kalau penduduk Korea Utara sangatlah sulit untuk keluar dari negaranya. Bahkan warga yang ingin keluar dari Korea Utara harus siap rela mempertaruhkan jiwa dan raganya, demi bisa masuk ke Korea Selatan. Berbeda dengan para Donju yang bebas keluar-masuk negara Korea Utara. Bahkan banyak yang mengambil pendidikan di luar negeri lho.

Gaya Hidup Donju di Korea Utara (via VICE)

4. Menggunakan Barang Branded

Tidak seperti penduduk biasa Korea Utara, para borjuis Donju ini terbiasa mengenakan barang-barang ber-merk, dari pakaian, sepatu, dan lainnya. Meski tetap mentaati peraturan untuk mengenakan pakaian tertutup, namun para borjuis Donju ini masih bisa mengenakan pakaian terbuka saat nge-gym.

Nah, itu tadi bebapa fakta gaya hidup Donju di Korea Utara yang jauh berbeda dengan para penduduk biasa di sana. Benar-benar di luar dugaan ya?

Gaya Hidup Donju di Korea Utara (via Kompasiana)