GOKIL! 2 Miliar Ton Emas dan Tembaga Ditemukan di Dekat Mandalika

GOKIL! 2 Miliar Ton Emas dan Tembaga Ditemukan di Dekat Mandalika

Baru-baru ini, telah ditemukan harta karun tersembunyi yang nilainya luar biasa, 2 miliar ton! Harta karun yang berupa emas dan tembaga tersebut ditemukan di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. 

Penemuan tersebut memiliki total potensi sumber daya mineral Tertunjuk sebesar 1,1 miliar ton tembaga dan emas. Sementara untuk total potensi sumber daya mineral Tereka sebesar 1 miliar ton tembaga dan emas.

# Penemuan Harta Karun Sebelumnya di Tahun 2019

Sebelumnya, pada Desember 2019 juga pernah ditemukan potensi sumber daya tembaga-emas Onto yang mencapai 1,72 miliar ton. Penemuan tersebut diumumkan langsung oleh PT Sumbawa Timur Mining (STM).

"Perkiraan potensi sumber daya mineral terbaru ini memperkuat keyakinan kami bahwa sumber daya mineral Onto memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sebuah operasi pertambangan tembaga kelas dunia," ujar Presiden Direktur PT Sumbawa Timur Mining (STM) Bede Evans dalam siaran persnya, ditulis Rabu (3/5/2022).

"Perkiraan terbaru ini juga telah memberikan optimisme bagi para pemegang saham STM dan seluruh tim STM, namun dengan tetap menerapkan kehati-hatian sejalan dengan perkembangan Proyek Hu'u untuk memasuki tahapan pengembangan proyek lebih lanjut," jelasnya lagi.

Tambang emas di Dompu, NTB (cnbcindonesia.com)

# Bagian dari Proyek Hu'u Milik STM

Potensi sumber daya mineral Onto diketahui merupakan bagian dari Proyek Hu'u milik STM yang adalah pemegang Kontrak Karya (KK) generasi ke-7. Proyek yang ditandatangai oleh Pemerintah Indonesia pada 19 Februari 1998 tersebut, berlokasi di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu dan Bima, Nusa Tenggara Barat.

Perkiraan potensi sumber daya mineral yang diumumkan hari ini adalah hasil dari analisis 74 lubang pemboran, dengan total kedalaman 74.130 meter yang dibor ke dalam potensi sumber daya mineral onto.

Lokasi Lubang tambang di NTB (ntb.jpnn.com)

Pengeboran akan terus dilanjutkan pada tahun 2022 dan seterusnya, untuk mendukung studi lebih lanjut guna menentukan ukuran, luas dan karakteristik potensi sumber daya mineral Onto dan memberikan data yang lebih lengkap untuk digunakan dalam berbagai studi teknik Proyek Hu'u.

Sampai saat ini, STM telah menyelesaikan total 108 lubang bor (total kedalaman 115.591 meter) di dalam kawasan KK (di Onto dan prospek lain) sejak eksplorasi dimulai pada tahun 2010.

Wuiiiih, sedaaaap!

Emas batangan (aa.com.tr)