Siap Gantikan Buku Nikah, Ini Dia Fakta-Fakta tentang Kartu Nikah...

Pemerintah telah umumkan akan mengganti buku nikah dengan kartu nikah. Biar tau nih, ini dia fakta-fakta tentang kartu nikah.

Kementerian Agama baru saja mengumumkan akan mengganti buku nikah dengan Kartu Nikah. Kartu itu didesain agar menyerupai kartu ATM agar lebih gampang dibawa ke mana-mana.

Pasangan suami istri nanti tak perlu lagi repot membawa buku nikah saat bepergian. Terlebih saat akan menginap di hotel atau di manapun.

"Kita ke depan ingin tanda bukti seseorang telah menikah tidak lagi menunjukkan buku nikah yang besar, yang susah ditaruh saku dan dibawa bepergian," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam peluncuran Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) berbasis web, seperti dikutip dari JawaPos.com via Liputan6.com.

Lukman juga menjelaskan agar masyarakat juga tak perlu khawatir tentang keasliannya. Sistem yang digunakan untuk pencatatan pun akan dioptimalkan dengan baik seperti e-KTP.

Lalu, bagaimana nasib buku nikah, apa semuanya akan diganti dengan Kartu Nikah? Seperti ditulis Liputan6.com, ini dia fakta-fakta tentang Kartu Nikah sebagaimana dipaparkan dalam situs Kementerian Agama.

1. 1 juta kartu nikah

Peluncuran Kartu Nikah sudah berjalan seiring dengan SIMKAH. Kini, SIMKAH pun sudah bisa diunduh melalui www.simkah.kemenag.go.id.

Targetnya, Kemenag akan memproduksi sebanyak 1 juta Kartu Nikah untuk tahun ini.

Kartu Nikah dari Kementerian Agama (Twitter @rivanlee)

2. Aplikasi SIMKAH

Kartu Nikah berlaku bagi yang menikah setelah aplikasi SIMKAH Web meluncur pada 8 November 2018 lalu. Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Mohsen, mengatakan bahwa pengantin akan mendapat buku nikah dan Kartu Nikah sekaligus.

Buku nikah dan Kartu Nikah (Instagram @curahanrasa.id)

3. Ada QR Code

Kartu Nikah ini dilengkapi dengan QR Code. Jika di-scan, akan terbaca beberapa data pasangan pengantin yang langsung terhubung dengan SIMKAH Web.

QR Code di Kartu Nikah (Instagram @harianjogja)

4. Data Kartu Nikah

Beberapa data yang masuk dalam Kartu Nikah ini mencakup nama pasangan nikah, nomor akta nikah, nomor perforasi buku nikah, NIK, tanggal, serta tempat akad nikah.

Mohsen menambahkan Kartu Nikah ini di desain dengan fitur pengaman yang baik, jadi tidak bisa dipalsukan.

Setelah "sah" (nu.or.id)

5. Penyerahan Kartu Nikah

Kartu Nikah ini akan diberikan kepada pasangan pengantin beserta buku nikah. Penyerahannya dilaksanakan setelah akad nikah. Jadi, buku nikah akan tetap ada, tapi ditambah pula dengan Kartu Nikah agar lebih mudah dibawa bepergian.

Jadi gimana gengs, kalian pengen punya ini juga? Segera deh. Ya, minimal biar kalian tau dulu deh soal Kartu Nikah ini.

Kalem, Kartu Nikahnya gak segede gitu kok gengs (Twitter @redaksi_basajan)