Cerita Tragis Kematian Tegar Sinar Ramadhan, Mahasiswa UGM yang Diduga Loncat dari Lantai 11

Tegar Sinar Ramadhan adalah mahasiswa UGM yang menjadi perbincangan karena dugaan bunuh diri dengan loncat dari lantai 11 sebuah hotel di Yogyakarta.

Nama Tegar Sinar Ramadhan belakangan ini menjadi perbincangan dunia maya. Pria yang tercatat sebagai mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini ditemukan meninggal dunia setelah diketahui loncat dari lantai 11 sebuah hotel yang ada di Yogyakarta.

Kematian pria 18 tahun ini jelas menarik perhatikan, mulai dari caranya yang tragis hingga kisah-kisah di balik dugaan aksi bunuh diri tersebut. Sejauh ini, berikut adalah beberapa fakta yang berhasil dihimpun tim Paragram.

1. Identitas

Berdasarkan informasi yang dihimpun, diketahui bahwa Tegar Sinar Ramadhan adalah pria berusia 18 tahun yang tercatat sebagai mahasiswa UGM. Meski demikian, dia sebenarnya berasal dari Kendal, Jawa Tengah, dan berdomisili di Yogyakarta untuk menyelesaikan studinya. 

Ilustrasi Dugaan Bunuh Diri Tegar Sinar Ramadhan (via Liputan6)

2. Sudah Dipastikan Bunuh Diri

Berdasarkan hasil olah TKP yang dilakukan pihak kepolisian, didukung dengan rekaman CCTV, kematian Tegar Sinar Ramadhan sudah dipastikan sebagai tindakan bunuh diri. Sejauh ini belum ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan, dan semua petunjuk masih mengarah pada aksi nekat korban sendiri.

Ilustrasi Dugaan Bunuh Diri Tegar Sinar Ramadhan via Gatra)

3. Diduga Memiliki Masalah Psikologis

Hasil olah TKP juga menunjukkan bahwa Tegar Sinar Ramadhan ternyata memiliki gangguan psikologis. Hal ini terkuak lewat sebuah surat yang diterbitkan oleh Rumah Sakit JIH Sleman yang berisi informasi tentang kondisi korban. Hasil ini menguatkan dugaan bahwa korban memang nekat mengakhiri hidup karena masalah mental.

Ilustrasi Dugaan Bunuh Diri Tegar Sinar Ramadhan (via Halodoc)

4. Bukan Tamu Hotel

Walau meninggal dunia setelah loncat dari lantai 11, namun Tegar Sinar Ramadhan ternyata bukan tamu dari hotel tersebut. Dia masuk ke area staff dan sempat mendapat peringatan agar meninggal lokasi. Namun nahas, teguran itu ternyata tak berhasil menghentikan aksi korban.

Ilustrasi Dugaan Bunuh Diri Tegar Sinar Ramadhan (via Tirto)

5. Meninggal di Tengah Acara

Pihak hotel juga memberikan keterangan bahwa saat kejadian berlangsung, lantai  11 sedang ada acara. Karenanya, perhatian staff dan khalayak di sana tidak tertuju pada satu orang. Karena tak mendapat perhatian, maka tidak ada orang yang menyadari keberadaan Tegar Sinar Ramadhan.

Saat ini, jenazah Tegar Sinar Ramadhan sudah dibawa keluarga ke tempat asalnya. Sang ayah juga sempat mengunggah postingan terkait berita duka ini, yang langsung mendapat perhatian dari netizen.

Ilustrasi Dugaan Bunuh Diri Tegar Sinar Ramadhan (via Detik)