Benarkah SPBU Terlaris di Dunia Ada di Indonesia? Ini Faktanya

Benarkah SPBU Terlaris di Dunia Ada di Indonesia? Ini Faktanya.

Pom bensin atau SPBU terlaris di dunia ada di Indonesia? SPBU memang jadi tempat yang dibutuhkan para pengendara untuk mengisi BBM. Kabarnya lokasi SPBU yang berada di kawasan Jawa Barat jadi SPBU paling laris sedunia. 

Dilansir dari Kompas.com, SPBU ini berada di area jalan tol Jakarta – Cikampek tepatnya di Km 19, Bekasi, Jawa Barat. SPBU itu dengan nomor 34.175.28 memang berada di kawasan yang cukup strategis karena dilewati oleh kendaraan baik mobil, bus, hingga truk menuju arah timur Jakarta. 

Adalah peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr.Ing.Ir.Tri Yuswidjajanto Zaenuri yang membahas hal tersebut berdasarkan jumlah sirkulasi pasokan BBM Pertamina ke SPBU yang juga dijadikan tempat bagi pengendara untuk beristirahat dan mengisi perut karena banyak restoran di SPBU sekaligus rest area.

“SPBU yang paling besar penjualannya di seluruh dunia itu ada di Km 19, bukan di Indonesia, melainkan di seluruh dunia,” ujar Tri. Pernyataan Tri itu dibenarkan oleh pihak Pertamina dalam hal ini Communication and Relation Pertamina Marketing Operation Region III, Dicky Septriadi.

Menurutnya SPBU itu memang disebut jadi SPBU paling ramai di dunia karena konsumsi sekitar 215 kiloliter BBM setiap harinya. Konsumsi BBM tersebut menjadi tertinggi di seluruh dunia. Namun saat ini di dekat SPBU sudah ada jalan layang Sheikh Mohammed bin Zayedn atau MBZ. Bisa jadi banyak kendaraan yang lewat jembatan MBZ sehingga kendaraan yang isi BBM di SPBU mulai berkurang.

Saat sedang isi BBM pasti pernah melihat penampakan truk pengantar BBM yang sedang mendistribusikan BBM ke dalam tangki SPBU. Berapa liter total BBM yang disimpan dalam tangki?

Benarkah SPBU Terlaris di Dunia Ada di Indonesia, Ini Faktanya (Indonesianinside)

Dilansir dari GridOto, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Persero), Irto Ginting mengatakan bahwa volume BBM yang ditampung di SPBU berbeda-beda atau bervariasi. Menurutnya perbedaan kapasitas tangki BBM tergantung dari masing-masing kebutuhan SPBU.

Namun biasanya satu tangki untuk satu produk BBM seperti Pertalite atau Pertamax 92 dapat menampung puluhan kiloliter (kl). 1 kiloliter sama dengan 1.000 liter BBM. “Satu tangki BBM kapasitasnya bervariasi antara 10 kl sampai dengan 60 kl. Sedangkan untuk satu SPBU memiliki beberapa tangki tergantung jenis BBM yang disediakan,” papar Irto.

Irto menambahkan bahwa kapasitas tangki per produk BBM tergantung permintaan owner atau pemilik SPBU dalam setiap masing-masing wilayahnya. Namun Pertamina memberikan asumsi volume BBM di SPBU berkisar 10 ribu liter sampai 60 ribu liter untuk satu produk BBM.

Hal itu bisa diasumsikan jika satu SPBU menyediakan empat produk BBM saja, maka jumlah BBM yang disimpan dalam tangki SPBU mencapai 40 ribu liter hingga 240 ribu liter BBM. Jumlah tersebut tentu sangat besar jumlahnya namun juga kemungkinan bisa cepat habis jika ratusan kendaraan setiap hari mengisi BBM di SPBU tersebut.

Benarkah SPBU Terlaris di Dunia Ada di Indonesia, Ini Faktanya (Kompas Money)