Ingin Jadi Vegetarian? 5 Makanan Berprotein Tinggi Ini Bisa Dikonsumsi Sebagai Pengganti Daging

5 makanan berprotein tinggi yang digunakan sebagai pengganti daging untuk vegetarian.

Gaya hidup vegetarian belakangan banyak digemari untuk menjaga tubuh tetap sehat. Menjadi vegetarian, membuat kamu tidak boleh mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti daging, seafood, unggas, telur hingga produk susu serta olahannya.

Meski begitu, ada beberapa orang yang khawatir menjalani vegetarian karena akan kekurangan protein. Padahal sebenarnya, ada banyak makanan pengganti daging yang bisa dikonsumsi aman oleh vegetarian. Apa saja makanan itu? Berikut daftarnya.

Tahu

Terbuat dari kacang kedelai, tahu merupakan salah satu makanan yang punya kandungan protein yang tinggi. Biasanya, tahu memiliki rasa yang sangat netral. Tahu pun bisa dibuat berbagai kreasi menu makanan agar tidak bosan. Misalnya, digoreng, dikukus sampai ditumis dengan campuran sayuran. Dengan tambahan sayuran ini, kamu juga bisa mendapatkan nutrisi terbaiknya.

Tempe

Sama seperti tahu, tempe juga terbuat dari kacang kedelai. Namun, tempe punya kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan tahu. Hal ini karena saat membuat tempe, kacang kedelai yang digunakan masih dalam keadaan utuh dan tidak dihancurkan. Jadi tidak heran kalau protein di tempe lebih tinggi. Menariknya lagi, tempe ini juga bisa dijadikan makanan pengganti daging. Tempe pun bisa dibuat menjadi kreasi steak hingga nugget.

Jamur

Jamur ternyata juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi lainnya seperti kalsium dan karbohidrat di dalam jamur juga baik untuk tubuh. Selain itu, jamur juga salah satu bahan makanan yang cukup mudah untuk diolah. Karena ada banyak sekali kreasi makanan yang bisa dibuat dengan bahan dasar jamur. Belum lagi, jamur juga punya berbagai jenis yang sangat lezat.

Kacang Merah

Tempe (Orami)

Kacang merah merupakan bahan makanan berprotein tinggi lainnya yang bisa menjadi pengganti daging. Sama seperti yang lainnya, kacang merah juga bisa dikreasikan menjadi berbagai masakan sehingga kamu tidak akan merasa bosan. Selain untuk makanan, kacang merah juga bisa dibuat menjadi dessert. 

Kacang Polong

Kacang polong masuk dalam jenis kacang–kacangan yang memiliki kandungan protein sangat tinggi. Kacang polong pun bisa menjadi salah satu makanan pengganti daging. Tidak hanya mengandung protein, kacang polong juga punya kalori yang rendah serta memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Sehingga, jenis makanan ini baik untuk memenuhi nutrisi.

Kacang Merah (IDN Times)