Jangan Salah Paham, Ternyata Ini Alasan Orang Batak Suka Bicara Keras

Jangan salah sangka dulu jika mendengar orang batak suka bicara keras. Ternyata ada alasannya, lho!

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau orang Batak selalu bicara keras dan dianggap kasar. Jangan salah sangka dulu ya, karena ada alasan orang batak suka bicara keras meski tidak sedang marah-marah.

Orang dari suku terbesar ketiga di Indonesia ini memang punya ciri khas tersendiri, terutama dari cara bicaranya. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa orang Batak itu galak. 

Padahal sebaliknya, orang Batak umumnya baik hati, memiliki solidaritas tinggi, dan suka menolong. Lantas apa sih alasan orang batak suka bicara keras? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Kondisi Geografis

Mengutip Okezone, menurut antropolog Universitas Negeri Medan, Prof. Usman Pelly, orang Batak berbicara keras disebabkan karena kondisi geografis dan lingkungan aslinya di sekitar Danau Toba.

Di Batak, kelompok yang satu dan lainnya saling tinggal berjauhan di perladangan yang luas. Karena itu, cara mereka berkomunikasi adalah dengan berteriak atau dengan nada keras agar suara mereka terdengar oleh kelompok lainnya.

Alasan Orang Batak Suka Bicara Keras (via MNEWS)

Wujud Akulturasi Budaya

Tidak hanya karena kondisi geogragis, karakter orang Batak yang dikenal tegas dan berani juga merupakan wujud dari akulturasi budaya dari penduduk multi etnik.

Alasan Orang Batak Suka Bicara Keras (via Kompas)

Terbiasa Berhadapan dengan Konflik

Selain itu, sifat agresif dan blak-blakan yang dimiliki orang Batak ternyata ada karena sejak kecil mereka sering kali menghadapi konflik dan mereka diizinkan untuk mengungkapkan pendapat masing-masing. Dalam suku Batak, adat sejak dulu memberikan kesempatan bagi anak muda untuk bersikap berani dan spontan.

Alasan Orang Batak Suka Bicara Keras (via Merdeka)

Mudah Berteman

Namun tahukah kamu? Di balik sifatnya yang berani dan tegas, serta cara bicaranya yang keras. Ternyata orang Batak mudah untuk menjalin hubungan pertemanan. Ketika kamu memiliki teman orang Batak, maka bersiaplah memiliki teman yang setia dan selalu bisa diandalkan.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa alasan orang Batak suka bicara keras. Jadi jangan salah sangka dulu. Karena meski keras bicaranya, namun dijamin lembut hatinya.

Alasan Orang Batak Suka Bicara Keras (via Hipwee)