5 Perawatan Kecantikan yang Tak Disarankan untuk Ibu Hamil, Bisa Bahaya untuk Janin!

Walau dalam kondisi hamil, perempuan perlu melakukan perawatan untuk menghindari melasma dan kulit kusam. Tapi hati-hati ya, jangan sampai membahayakan janin.

Ibu hamil memang sangat rentan mengalami berbagai masalah, termasuk di area kulit. Karenanya, perawatan kecantikan juga harus tetap dilakukan. Meski demikian, sebaiknya hindari hal-hal berikut ini agar tidak sampai membahayakan janin. Yuk simak!

1. Menggunakan Produk Kecantikan dengan Bahan Tertentu

Ibu hamil mungkin akan mengalami berbagai kondisi yang membuat kulit kusam dan mudah muncul flek. Meski demikian, waspadalah memilih produk karena mungkin ada kandungan yang berbahaya untuk janin. Berapa bahan aktif yang tak bisa digunakan oleh ibu hamil adalah:

  • Retinol (anti jerawat dan anti aging)
  • Hydroquinone (agen pencerah kulit)
  • Asam salisilat
  • Minyak esensial
  • Fragrance

Perawatan Kecantikan yang Tak Disarankan untuk Ibu Hamil (via Bogor Daily)

2. Botox

Dengan menggunakan suntikan clostridium botulinum, perawatan ini menjadi pilihan tepat dan instan untuk mengatasi kulit kendur dan keriput. Meski demikian, hati-hati saat menggunakan suntik botox di masa kehamilan. Walaupun sejauh ini tidak ditemukan efek samping yang berarti, namun dokter tidak menyarankan perempuan hamil untuk menggunakannya. 

Perawatan Kecantikan yang Tak Disarankan untuk Ibu Hamil (via Orami)

3. Filler

Mirip seperti botox, filler adalah cara yang mudah untuk membentuk area tertentu, misalnya bibir atau hidung. Tujuannya adalah memperbaiki struktur atau memberikan tekstur yang nampak lebih berisi di area tersebut. Meski demikian, penggunaan saat hamil kurang disarankan oleh dokter.

Perawatan Kecantikan yang Tak Disarankan untuk Ibu Hamil (via Alodokter)

4. Laser

Penggunaan laser sangat ampuh untuk mengatasi melasma, noda hitam, dan bekas luka tak diinginkan pada kulit. Perawatan ini pastinya sangat cocok untuk ibu hamil yang cenderung memiliki lebih banyak flek dan noda pada permukaan kulit.

Sebenarnya penggunaan laser sudah diklaim aman untuk ibu hamil, selama dilakukan di area yang jauh dari rahim. Meski demikian, kemungkinan adanya efek radiasi masih bisa saja muncul, sehingga kamu harus berhati-hati.

Perawatan Kecantikan yang Tak Disarankan untuk Ibu Hamil (via The Asian Parent)

5. Pengelupasan Kulit (Eskfoliasi)

Ingin mengatasi masalah kulit kusam saat hamil? Sebaiknya hati-hati dengan metode yang kamu pilih. Sejauh ini, proses seperti mikrodermabrasi masih diragukan keamanannya sehingga kamu harus benar-benar selektif dan melakukan konsultasi pada dokter. 

Itulah beberapa perawatan kecantikan yang tak direkomendasikan untuk ibu hamil. Sebagian besar mungkin tidak menunjukkan efek buruk saat ini, namun kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti! Jadi tetap waspada ya!

Perawatan Kecantikan yang Tak Disarankan untuk Ibu Hamil (via Kompas)