5 Weton Ini Menurut Primbon Jawa Dipercaya Dapat Mendatangkan Rezeki Bagi Keluarga

5 Weton Ini Menurut Primbon Jawa Dipercaya Dapat Mendatangkan Rezeki Bagi Keluarga

Bagi masyarakat Jawa, weton bukan istilah yang asing. Weton merujuk pada hari kelahiran karena istilah ini diambil dari bahasa Jawa wetu yang berarti keluar atau lahir.

Dikutip dari buku Primbon Masa Kini: Warisan Nenek Moyang untuk Meraba Masa Depan karya Romo RDS Ranoewidjojo, weton adalah gabungan antara hari (minggu, senin, selasa, dst) dan pasaran saat bayi dilahirkan. Hari pasaran terdiri dari lima hari, yaitu kliwon, legi, pahing, pon, dan wage.

Weton ini kemudian digunakan untuk mengetahui gambaran kehidupan seseorang. Dalam pandangan masyarakat Jawa, manusia lahir dengan membawa potensi energi masing-masing.

https://www.portalsulut.pikiran-rakyat.com/

Namun, beberapa anak yang lahir pada weton tertentu memiliki peruntungan rezeki yang cenderung lebih bagus dari weton lainnya. Lantas, weton apa sajakah itu?

1. Rabu Pahing

Weton Rabu Pahing berada di bawah naungan tunggak semi. Artinya, mereka yang memiliki weton ini akan selalu mendapatkan rezeki. Keistimewaan lain dari weton ini adalah berada di bawa naungan ilmu latipan yang artinya pandai dalam segala bidang ilmu.

2. Kamis Kliwon

Weton Kamis Kliwon berada di bawah naungan wasesa segara, ilmu latipan, dan tulus banyu. Ketiga sifat itu memiliki sifat yang amat baik.

3. Ahad Wage

Weton Ahad Wage berada di bawah naungan wasesa segara, ginuron keringan, dan dadi kayu. Wasesa segara artinya banyak rezeki dan baik budi pekertinya. Ginuron keringan, artinya dihormati, disegani, dan sebagai sosok pengayom yang sangat baik. Dan terakhir, dadi kayu¸yang bermakna dicintai banyak orang, berkedudukan tinggi, dan dianugerahi keberuntungan terus-menerus sepanjang hidupnya.

4. Jum'at Kliwon

Weton Jumat Kliwon berada di bawah naungan tunggak semi, yang bermakna artinya selalu mendapatkan rezeki atau rezekinya lumintu. Selain itu, weton ini juga berada di bawah naungan nohan rembulan, yang bermakna hidupnya diselimuti keberuntungan dan kesejahteraan.

5. Kamis Legi

Weton Kamis Legi berada di bawah naungan tunggak semi dan kuat kemenangan. Tunggak semi memiliki arti selalu mendapatkan rezeki alias rezekinya lumintu. Sedang kuat kemenangan memiliki arti sering mendapat kemenangan dan keberuntungan dalam hidupnya.

https://www.ibupedia.com/