Papua Itu Aman, Yuk Ramai-Ramai Berkunjung ke Festival Danau Sentani 2022!

Papua Itu Aman, Yuk Ramai-Ramai Berkunjung ke Festival Danau Sentani 2022!

24 Oktober nanti, acara Festival Danau Sentani 2022 akan digelar di Papua . Uniknya, acara ini berbarengan dengan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-6 yang diorganisir oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) serta HUT Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura ke-9 yang memang dirayakan setiap tanggal 24 Oktober.

Dalam soft launching yang digelar pada Jumat (12/08), Stephen Wally dan Michael Jakarimilena selaku pengisi acara mengungkapkan bahwa acara ini digelar untuk lebih memperkenalkan masyarakat terhadap budata Jayapura, khususnya Sentani. Keduanya berharap kesenian dan tradisi di kawasan tersebut bisa terkenal hingga kancah mancanegara.

“Malam hari ini, dalam iringan menuju Festival Danau Sentani terus Kongres Masyarakat Adat Nusantara, Kebangkitan Masyarakat Adat,” ungkap Stephen Wally, saat ditemui pada Jumat (12/08). “Acara malam ini pre-event menuju acara puncaknya,” imbuh Michael Jakarimilena.

Dalam kesempatan itu, keduanya juga menegaskan bahwa siapapun bisa datang ke acara Festival Danau Sentani 2022. Undangan ini sudah tersirat lewat segenap penampilan, iring-iringan lagu, dan tarian yang dipentaskan pada saat soft launching.

Stephen Wally dan Michael Jakarimilena (Paragram.id)

“Semuanya berkesempatan hadir di Jayapura 24 Oktober nanti,” ungkap Michael. “Makanya tadi kita ada lagunya itu ada ditutup dengan kaya 24 Oktober. Kita tunggu di Kalkote, itu salah satu tempat tujuan wisata di Danau Sentani, yang ingin dipromosikan,” imbuh Stephen.

“Jadi iring-iringan lagu dan tarian yang malam hari ini kita mainkan punya pesan kesitu, ‘Ayo lihat Sentani, Sentani itu indah, Papua itu aman, Papua itu maju, Mari datang ke sini, dengan kedatangan kalian, sektor pariwisata bisa maju dan masyarakat bisa diperdayakan lagi’,” kata Stephen lagi.

Road to Festival Danau Sentani 2022 (Paragram.id)

Adapun persiapan untuk menggelar acara ini telah dilakukan dengan sangat serius. Nantinya, para pengunjung akan disuguhi berbagai hiburan, makanan, dan akomodasi yang mencerminkan kearifan local. Karenanya, Stephen dan Michael sungguh-sungguh mengajak semua orang untuk hadir.

“Kami mewakili pemuda kreatif Papua ingin mengundang temen-temen, semua saudara seluruh Nusantara untuk ikut hadir dalam acara Kongres Masyarakat Adat Nusantara tanggal 24 Oktober nanti bertepatan dengan Festival Danau Sentani dan Kebangkitan Masyarakat Adat,” ungkap Michael.

 “Ayo digaungkan sama temen-temen yang punya sosial media, yang punya kenalan dimana-mana, ayo kasih tahu bahwa tanggal 24 Oktober itu akan ada acara nasional,” susul Stephen. “Karena Kongres Masyarakat Adat Nusantara adanya setiap 5 tahun sekali. Dan setelah masa 3 tahun pandemi dan dapat kesempatan untuk membuat acara ini, Papua khususnya Jayapura menjadi tuan rumah, tentunya kita sangat excited,” tambah Michael lagi soal Festival Danau Sentani 2022 .

Road to Festival Danau Sentani 2022 (Paragram.id)