Tokoh yang Menginspirasi Lahirnya Super Mario Meninggal Dunia

Tokoh yang menginspirasi lahirnya Super Mario meninggal dunia. Padahal cerita di baliknya unik juga nih gengs.

Kalian tau si tukang ledeng legendaris bikinan developer Jepang Nintendo? Siapa hayo? Yak, dia adalah Super Mario dari video game klasik Mario Bros. Karakter yang diciptakan oleh Shigeru Miyamoto ini ini punya sejarah unik lho.

Jadi sebenarnya, karakter Mario terinspirasi dari seseorang yang nyata. Namanya Mario Segale. Dia adalah pengusaha properti yang menyewakan bangunan untuk Nintendo berkantor di Amerika Serikat (AS) dekade 1980-an lalu.

Saat itu, Nintendo masih perusahaan kecil dan belum sebesar dan sesukses sekarang. Waktu di AS, Nintendo bahkan sempat menunggak uang sewa kepada Mario Segale juga.

Karena tunggakannya belum dibayar, Segale datang ke kantor itu dan menagih kepada presiden Nintendo saat itu, Minoru Arakawa. Segale menagih si bos Arakawa di depan banyak orang. Namun, Arakawa belum punya cukup uang.

Mario Segale dan Mario (theuijunkie.com)

Arakawa pun berjanji akan membayarnya, sebab game buatan Nintendo bakal sukses dan mendatangkan uang berlimpah.

Saat itu, tim Nintendo sendiri sedang dipusingkan dengan nama Barat yang cocok untuk sebuah karakter di game 'Donkey Kong'. Sampe akhirnya dipilihlah nama 'Mario' sesaat setelah Mario Segale meinggalkan gedung itu. Padahal sebelumnya, karakter itu diberi nama 'Jumpman'.

Karakter 'Super Mario' (Twitter @Gizmodo)

Seperti halnya Segale, 'Mario' dikisahkan sebagai seorang warga AS keturunan Italia. Dan setelah video game itu meluncur September 1985, Nintendo berhasil meraup keuntungan besar. Sewa terbayar dan urusan dengan Segale selesai.

Namun belakangan, sosok yang dianggap berjasa atas lahirnya karakter Mario untuk video game itu meninggal dunia. Segale menghembuskan napas terakhir di sebuah rumah sakit di Seattle, AS pada 27 Oktober 2018 lalu pada usia 84 tahun.

Bermain video game Nintendo (howtogeek.com)

Penyebab kematiannya tidak diumumkan. Meski telah tiada, Mario Segale memang berjasa karena tanpanya, Super Mario atau waralaba Mario yang kita kenal hingga kini tak pernah ada. Selamat jalan, Mario Segale~

Mario Segale (Twitter @benjedwards)