Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Termasuk Nggak?

Baru-baru ini World Happiness Report merilis rangking tentang negara paling bahagia di dunia. Kira-kira negara mana saja yang berhasil masuk?

Setiap orang pasti memiliki ukuran rasa bahagia yang berbeda-beda, karena itu sulit untuk menentukan standar kebahagiaan. Terlebih menentukan mana negara paling bahagia  di dunia.

Meski demikian, melansir Detikcom, World Happiness Report (WHR) 2022 merilis rangking kebahagiaan dari 146 negara dalam kurun waktu tiga tahun, yakni tahun 2019-2021.

Penentuan rangking ini berdasarkan pada penilaian individu mengenai kehidupan yang dilakukan oleh warga negara tersebut. Dilakukan dengan cara mengisi kuesioner evaluasi kehidupan dan menggunakan skala kepuasaan hidup.

Ada 6 variabel yang dianggap berkontribusi terhadap kepuasan hidup warda di sebuah negara, yaitu: pendapatan per kapita, dukungan sosial, harapan hidup, kebebasan, kedermawanan, dan korupsi.

Data-data inilah yang akhirnya digunakan untuk menentukan ranking kepuasaan hidup dalam suatu negara. Kalau kamu penasaran, berikut ini daftar negara paling bahagia berdasarkan World Happiness Report 2022.

Finlandia

Finlandia merupakan negara dengan skor kebahagiaan tertinggi, yaitu sekitar 7.821. Berdasarkan hasil survei, warna Finlandia merasakan dukungan sosial yang kuat dari komunitas di sekitar tempat tinggal mereka. Bahkan mereka bebas memiliki rasa curiga terhadap dugaan korupsi di pemerintahan.

Denmark

Negara Paling Bahagia (via investor)

Denmark merupakan negara paling bahagia dengan skor 7.636. tiga kategori dari variabel penunjang keputusan. Denmark bahkan memiliki skor lebih tinggi dari pada Finlandia, yaitu pendapatan per kapita, kedermawanan, dan kekhawatiran akan korupsi.

Islandia

Negara Paling Bahagia (via Suara)

Islandia berada di urutan keempat sebagai negara paling bahagia di dunia dengan skor 7.557. Namun untuk urusan dukungan sosial, skornya lebih tinggi dari negara-negara sebelumnya. Selain itu, skor kedermawanan di negara ini juga cukup tinggi.

Swiss

Negara Paling Bahagia (via Okezone Travel)

Swiss merupakan salah negara paling aman di dunia. Dari sisi ekonomi, Swiss adalah negara dengan pendapatan per kapita tertinggi dari negara paling bahagia lainnya.

Belanda

Negara Paling Bahagia (via CNBC Indonesia)

Belanda memiliki skor kedermawanan tertinggi di antara keempat negara lainnya. Dan untuk skor variabel kekhawatiran akan korupsi, negara ini menunjukkan bahwa warga Belanda memiliki tingkat kekhawatiran minimum.

Nah, itu tadi daftar negara paling bahagia  di dunia. Untuk Indonesia ternyata ada pada urutan ke 87 dengan skor 5.240. Wah, kalau urutan sekian kira-kira kita termasuk bahagia atau tidak ya?

Negara Paling Bahagia (via Merdeka)