Hati Jadi Lebih Tenang, Begini Cara Mengendalikan Emosi yang Meledak-ledak

Hati Jadi Lebih Tenang, Begini Cara Mengendalikan Emosi yang Meledak-ledak

Emosi adalah perasaan wajar yang dimiliki manusia. Namun jika berlebihan maka bisa saja membawa dampak buruk bagi orang lain dan diri sendiri. Karena itu, semua orang wajib tahu bagaimana cara mengendalikan emosi  yang berlebihan.

Mengendalikan emosi artinya kamu menentukan seberapa besar emosi yang diluapkan. Karena memang manfaatnya begitu besar, mulai dari menghindarkan diri dari masalah kejiwaan hingga permusuhan. Kalau kamu termasuk orang dengan emosi yang selalu meledak-ledak. Sebaiknya coba cara mengendalikan emosi berikut ini agar hati merasa tenang.

1. Buang Pikiran Buruk

Emosi biasanya diawali dengan pikiran negatif yang menumpuk dalam kepala dan akhirnya meledak ketika sudah tidak mampu menampungnya lagi. Maka dari itu buang pikiran negatif jauh-jauh dan berusahalah untuk memikirkan hal-hal positif.

2. Diam Lebih Baik

Cara Mengendalikan Emosi (via KlikDokter)

Diam adalah cara terbaik mengendalikan emosi. Saat marah biasanya kata-kata yang keluar akan lepas kontrol dan bisa menyakiti seseorang. Maka dari itu diam dan memberikan waktu untuk meredakan emosi itu patut dicoba.

3. Memberikan Emosi Positif

Ketika mulai emosi, coba mengambil sisi positif dari masalah yang terjadi. Hal ini ampuh menghalau emosi negatif yang membuatmu marah secara berlebihan. Ini mungkin bukan hal yang mudah, namun cobalah untuk mengambil pelajaran dari setiap masalah yang terjadi.

4. Tenangkan Diri

Cara Mengendalikan Emosi (via Sociolla)

Mencoba menenangkan diri ketika emosi melanda dan coba berpikir logis dengan apa yang terjadi akan memudahkan kamu dalam mencari solusi. Coba tarik nafas dalam-dalam dan hitung perlahan hingga emosimu mereda.

5. Berlapang Dada

Cara Mengendalikan Emosi (via Kawaii Beauty Japan)

Hanya orang-orang hebat yang mampu berlapang dada menerima setiap masalah yang datang. Seberat apapun masalah tersebut, kamu harus bangkit dan menunjukkan bahwa kamu baik-baik saja.

Meski tidak mudah, namun cara mengendalikan emosi  ini harus dipelajari perlahan. Agar kamu tetap tenang ketika menghadapi sebuah permasalahan.

Cara Mengendalikan Emosi (via Indozone)