Bestie Menikah dan Kamu Diminta Jadi Bridesmaid? Apa sih Fungsi dan Tugasnya?

Bestie Menikah dan Kamu Diminta Jadi Bridesmaid? Apa sih Fungsi dan Tugasnya?

Ladies, pernahkah kamu menjadi seorang bridesmaid untuk pernikahan teman dan keluarga? Sebenarnya apa sih bridesmaid itu dan tugasnya dalam acara pernikahan? Kok, kayaknya penting banget, ya!

Pengiring pengantin wanita atau bridesmaid adalah hak istimewa yang diberikan oleh calon pengantin. Kalau baru pertama kali ditunjuk, kamu pasti ingin mengetahui dengan baik apa tugas bridesmaid sebelum tampil sebagai bridesmaid terbaik, kan?

Lalu, apa aja sih tugas bridesmaid? Berikut ulasannya!

1. Jadi Pendukung

Perencanaan pernikahan bisa saja sangat menegangkannya. Pertama dan terpenting, pastikan kamu berada di sisi pengantin wanita pada saat-saat itu.

Kamu nggak harus siap membantu mereka setiap saat, kok. Namun, pengantin wanita akan bahagia mengetahui bahwa sang bridesmaid selalu ada sebagai teman terdekat dan pendukung terbaik mereka.

2. Jadilah Pemberi Pendapat yang Baik

Kalau kamu dipercaya pengantin wanita untuk memunculkan ide, ketahuilah bahwa itu adalah peran yang cukup penting sebagai pengiring pengantin. Berikan pendapatmu jika diminta tapi jangan memaksakannya, ya!

3. Berkomunikasi dengan Jujur

Bridesmaid disarankan untuk meluangkan waktu agar memahami tugasnya sebagai pengiring pengantin di hari pernikahan. Kejujuran adalah kunci dan bersikaplah komunikatif jika kamu menghadapi kendala. Sebagai teman dekat, calon pengantin wanita kemungkinan akan sepenuhnya memahami.

4. Membantu pada Acara Pra-Pernikahan

Acara pra-pernikahan ada banyak. Merencanakan bridal shower dan pesta lajang merupakan contoh acara pra-pernikahan. Pengiring pengantin biasanya yang akan menyelenggarkannya serta mempersiapkan segala kebutuhan termasuk menghubungi siapa saja yang akan terlibat.

5. Menyiapkan busana terbaik untuk hari H

Beberapa pengantin wanita mungkin sudah punya konsep matang soal apa yang akan dikenakan saat pesta pernikahannya nanti. Namun, jika dia minta saran, berikan ide tentang pilihan pakaian, gaya rambut, atau riasan pengiring pengantin.

Meski begitu, jika kamu diminta untuk mengenakan sesuatu yang ternyata benar-benar nggak nyaman buatmu, misalnya busana yang terlalu terbuka, atau sepatu yang terlalu tinggi, langsung bicarakan baik-baik aja, ya.

Bestie Menikah dan Kamu Diminta Jadi Bridesmaid, Apa Sih Fungsi dan Tugasnya (Brides)

6. Memberikan hadiah

Jika mampu, berikan sang pengantin hadiah seperti produk perawatan wajah atau barang yang akan berguna setelah dia menikah nantinya. Jika pengiring pengantin lain ingin ikut serta, itu juga merupakan ide bagus sehingga memberikan hadiah yang lebih besar untuk pengantin.

7. Foto bersama

Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu. Bridesmaid menjadi salah satu bagian terpenting saat sesi pemotretan di hari pernikahan. Jadi pastikan kamu dan teman-teman bridesmaid lainnya mempersiapkan diri dengan penampilan dan barisan yang bagus untuk berfoto bersama pengantin di hari pernikahan.

8. Membantu Pengantin Bergerak dengan Gaunnya

Jika gaun pernikahan sangat tebal atau ketat, pengantin wanita mungkin akan membutuhkan seseorang untuk membantu mengangkat atau mengurus pakaian tersebut di kamar kecil. Saat pengantin wanita berganti pakaian, dia mungkin perlu bantuan untuk bergerak dan berpindah tempat. Terkadang pengantin wanita lebih nyaman memiliki seseorang yang lebih dekat untuk membantu mereka daripada juru riasnya.

9. Membagikan foto

Buat koleksi digital dari setiap foto dan video yang diambil saat pesta pernikahan sembari menunggu dokumentasi asli dari fotografer. Cara ini akan membuat pasangan pengantin menjadi lebih bahagia dengan banyak momen manis yang terdokumentasikan. Kamu juga bisa menjadi tempat pengantin untuk menjaga ponselnya selama acara berlangsung.

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu bridesmaid dan tugasnya dalam sebuah acara pernikahan. Semoga info di atas bermanfaat buatmu, ya!

Bestie Menikah dan Kamu Diminta Jadi Bridesmaid, Apa Sih Fungsi dan Tugasnya (Brides)