Bagian-Bagian Tubuh Manusia Ini Punya Fungsi, Tapi Jarang Kita Perhatikan Gengs...

Bagian-bagian tubuh manusia ini punya fungsinya sendiri-sendiri. Tapi, jarang kita perhatikan gengs. Mana aja sih?

Bagian-bagian tubuh manusia ini punya fungsi lho gengs. Namun sayang, mungkin banyak di antara kita gak memperhatikannya. Sebagian dari kita mungkin juga menganggap bagian tubuh itu gak berguna.

Nah, jangan salah gengs. Nyaris tidak ada sesuatu di dunia ini yang diciptakan tanpa fungsi tertentu. Bagian tubuh yang kurang diperhatikan ini punya fungsi juga.

Dilansir dari Liputan6.com, bagian-bagian tubuh manusia ini punya fungsi, tapi jarang kita perhatikan gengs. Simak deh....

1. Alis

Alis adalah bagian tubuh manusia yang jarang kita perhatikan. Fungsinya jelas melindungi mata dari butiran debu (*haisss). Nah, alis merupakan faktor penting dalam pengenalan wajah seseorang.

Penelitian di Massachussetts Institute of Technology (MIT) mengidentifikasi foto dari 50 wajah orang terkenal. Tetapi, mata orang-orang itu dihilangkan secara digital.

Partisipan yang diminta untuk mengenali wajah-wajah itu hanya bisa mengenali sekitar 60 persennya saja. Sementara ketika alis matanya "ditiadakan", partisipan hanya bisa mengenali sebanyak 46 persen aja. Jadi alis itu penting gengs. Ngalis, ngalis~

Alis, alis, alis... (pandora.com.do)

2. Bulu ketiak

Namanya juga bulu ketiak, ya tumbuhnya di area ketiak lah ya. Katanya, rambut yang tumbuh di area itu punya kaitan erat dengan penyebaran bau alami tubuh. Terutama untuk menarik pasangan.

Rambut di area situ tumbuh di atas kelenjar keringat. Nantinya akan menghasilkan aroma tertentu dari tubuh. Konon, orang-orang jaman purba terpikat karena bau khasnya.

Sayangnya, rata-rata orang, khususnya perempuan jaman sekarang, biasanya malah mencukur bulu-bulu ketiaknya. Padahal, indikasi sinyal seksual juga berasal dari bagian tubuh ini. Jadi ada fungsinya juga kan tuh bulu ketiak?!

Julia Roberts dan bulu ketiaknya~ (elmundo.es)

3. Uvula

Namanya agak asing sih buat orang kebanyakan. Tapi bagian tubuh manusia ini merupakan jaringan lunak kecil yang menggantung di tenggorokan. Tepat di atas lidah kita.

Menurut para ahli, uvula hanya dimiliki manusia. Organ dalam ini membantu nenek moyang termasuk kita juga untuk... b-i-c-a-r-a. Selain itu, uvula juga memungkinkan manusia untuk minum sambil membungkuk di air.

Uvula punya fungsi utama, yaitu mengeluarkan sejumlah besar air liur. Uvula juga dikaitkan dengan proses mendengkur waktu tidur.

Menurut penelitian di Italia, orang-orang yang mendengkur saat tidur memiliki lebih sedikit saraf di uvulanya ketimbang yang tidak mendengkur.

Uvula di tengah rongga mulut, itu tuh yang menggantung (medicalnewstoday.com)

4. Tonsil, atau amandel

Tonsil lebih mudah dikenali di area tenggorokan. Itu adalah bagian tubuh seperti spons di belakang mulut yang agak membengkak, memerah, dan berbintik putih kalo lagi sakit tenggorokan.

Bagian tubuh yang bernama lain amandel ini melindungi kita dari infeksi lewat hidung dan mulut. Tetapi, amandel kita juga bisa kelebihan beban bakteri atau virus.

Nah, tonsil atau amandel ini bisa dibuang kalo menimbulkan masalah pada penyakit kronis atau pernapasan kita.

Kalian tau kan letaknya amandel? (mydr.com.au)

5. Puting susu pria

Jadi sebenernya, puting susu pria adalah bagian tubuh manusia yang tersisa dari proses perkembangan janin pada dua bulan pertama.

Proses terbentuknya terjadi selama 60 hari saat kita masih dalam kandungan dulu. Kemudian, testosteron akan mengubah arahnya bagi bayi yang memiliki kromosom Y. Coba tanya guru, dosen, atau mahasiswi biologi deh (hehehe).

Maka dari itu, semua manusia adalah perempuan ketika berada dalam rahim. Minimal dalam 2 bulan pertama kehamilan itu. Sementara fungsi lain dari puting susu pada pria adalah untuk membedakan mana punggung, dan mana dada.

Arnold Schwarzengger dan puting susunya (addicted2success.com)

6. Kuku jari tangan

Kuku kita punya fungsi juga. Yang paling jelas sih menjadi indikator kesehatan tubuh kita juga tuh.

Perubahan warna atau bintik-bintik kecil pada kuku bisa jadi pertanda. Mulai dari tubuh kekurangan gizi, atau terdapat masalah kulit tertentu.

Coba liat kuku kalian deh... sehat gak kalian?

Kuku tangan kalian punya fungsi juga lho (naturalfoodseries.com)

7. Usus buntu

Usus buntu bentuknya kayak tabung. Panjangnya 3,5 inci yang memanjang dari usus besar. Keliatannya bagian tubuh ini gak punya fungsi gitu ya. Tapi kalo terkena infeksi, usus buntu bisa meradang.

Kondisi itu disebut apendisitis yang umumnya terjadi pada anak-anak. Dan kalo dibuang ya gak begitu ngaruh apa-apa gitu ke tubuh. 

Tapi kata sebuah riset dari Duke University medical School North Carolina, Amerika Serikat, organ ini menjadi rumah bagi bakteri baik. Btw, usus buntu disebut juga apendiks.

Usus buntu juga punya fungsi yang baik buat tubuh (1mg.com)

8. Gigi bungsu

Gigi bungsu pasti lahir belakangan. Iya sih, soalnya tumbuh rata-rata ketika usia kita 10 tahun. Pertumbuhan gigi itu mungkin baru bakal kerasa sakit begitu kita umur 17 atau 25 tahun. Yang lebih juga ada kok.

Gigi ini merupakan geraham yang membantu kita untuk mengunyah makanan kasar. Misalnya daging atau kacang-kacangan.

Gigi bungsu erat kaitannya dengan penyebab penyakit pada gusi atau kerusakan pada gigi di sekitarnya. Makanya, gigi bungsu perlu dicabut.

Gimana, udah tau kan sekarang? Itu dia bagian-bagian tubuh manusia yang punya fungsi, tapi jarang kita perhatikan.

Periksa gigi deh, cek gigi bungsu kalian (altoastral.com.br)