Mulai dari yang Berkuah Kaldu hingga Santan, Nikmati Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling

Mulai dari yang Berkuah Kaldu hingga Santan, Nikmati Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling

Buat kamu yang hobi traveling, pasti nggak pernah melewatkan agenda wisata kuliner, kan? Mencicipi kuliner khas daerah yang dikunjungi menjadi salah satu hal menarik yang bisa kamu jajal saat berlibur. Sayang banget kan, kalau udah jauh-jauh menjelajah suatu daerah tapi nggak menikmati makanan khas-nya.

Selain memanjakan lidah, mencicipi santapan khas sebuah tempat juga bisa membuka wawasan kamu lebih luas tentang ciri khas suatu daerah, menyadarkan bahwa Indonesia itu emang kaya.

Selain nasi, minuman, dan berbagai camilan, mie menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang berwisata kuliner. Yup, olahan mie memang pantas disebut sebagai comfort food karena rasanya yang lezat dan cocok disantap di berbagai suasana.

Nggak cuma itu, kuliner mie nusantara juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi karena umumnya disajikan dengan pelengkap seperti telur, sayur, ayam, maupun seafood. Kuliner mie nusantara juga banyak macamnya, mulai dari mie goreng hingga yang berkuah. Mulai dari kuah kaldu sampai dengan kuah santan. Penasaran? Berikut ini rangkumannya yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Mie Aceh

Mie Aceh terbuat dari mie kuning yang ditumis dengan berbagai rempah. Untuk toppingnya sendiri, biasanya ada udang, cumi, daging sapi, hingga kepiting yang sudah diiris. Biasanya, masakan ini juga ditambahkan acar, emping, bawang goreng, dan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Teksturnya kenyal dengan rasa rempah yang kuat dan segar. Ada dua macam jenis yang ada, yakni goreng dan kuah. Meskipun di kota-kota lain ada banyak restoran yang menjajakan kuliner yang satu ini, makan di daerah asalnya terasa lebih nikmat, lho!

 

2. Mie Kocok Bandung

Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling, Mie Aceh (YouTube)

Mie khas dari Kota Kembang ini memakai kuah kaldu daging sapi yang kental. Bahan utamanya menggunakan mie kuning gepeng yang disajikan dengan irisan kikil sapi, tauge, bakso, jeruk nipis, seledri, dan bawang goreng.

Disebut mie kocok karena pada saat memasak, minya dimasukkan ke wadah bergagang panjang dan berlubang. Kemudian dimasukkan ke dalam air panas dan dikocok-kocok lalu diaduk hingga matang.

3. Bakmi Jawa

Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling, Mie Kocok Bandung (Detikcom)

Bakmi Jawa bisa disajikan dalam tiga macam penyajian. Ada yang direbus, digoreng, dan nyemek atau setengah basah. Kamu bisa menemui kuliner bakmi Jawa ini di sudut Kota Yogyakarta dan berbagai tempat di Jawa Tengah. Biasanya, bakmi Jawa dilengkapi ayam, kol, tomat, daun bawang, acar, dan bawang goreng. Khusus bakmi gorengnya akan dibubuhi kecap sebagai penyatu semua bahan yang ada.

4. Mie Celor

Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling, Bakmi Jawa (YouTube)

Mie celor khas Palembang ini mendapat julukan sebagai spaghetti ala Indonesia. Sebab, mie yang digunakan adalah mie kuning berukuran besar serta berbentuk lurus panjang seperti spaghetti.

Kuah kentalnya yang gurih didapat dari perpaduan santan, terigu, kuah kaldu udang, dan telur. Sebagai topping, biasanya ditambahkan potongan telur rebus, daging udang, dan juga bawang goreng.

5. Mie Koba Bangka

Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling, Mie Celor (Detikcom)

Mie Koba memiliki kuah kental berwarna coklat yang diracik dari ikan tenggiri, aneka bumbu, serta gula aren. Bahan itulah yang membuat kuahnya terasa segar, gurih, dan sedikit manis. Mie ini disajikan dengan telur rebus, irisan bawang goreng dan seledri di atasnya. Uh, mantap!

6. Mie Ongklok

Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling, Mie Koba Bangka (Indonesia Kaya)

Kuliner ini agak sulit ditemukan di daerah selain Wonosobo, Jawa Tengah. Mie ongklok terbuat dari mie kuning dan sayur kol yang sudah direbus, lalu disiram dengan kuah jenang yang terbuat dari tepung kanji. Biasanya, mie ongklok ditaburi dengan daun kucai, bawang goreng, dan irisan cabai. Hidangan ini biasa disantap dengan sate sapi berbumbu kacang, tempe kemul, dan keripik tahu. Kebayang, kan sedapnya?

7. Mie Lethek

Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling, Mie Ongklok (GoTravelly)

Kuliner ini merupakan khas daerah Bantul, Yogyakarta. Mie lethek bisa disajikan dalam bentuk goreng, rebus, atau dicampur dengan nasi goreng Magelangan. Kuah mie ini berwarna coklat yang terbuat dari campuran gaplek yang terbuat dari tepung singkong dan campuran tapioka. Tambahannya berupa potongan daging ayam dan telur orak-arik, serta irisan daun bawang.

8. Mie Titi Makassar

Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling, Mie Lethek (GenPI Jogja)

Mie kuning ini diolah dengan teknik digoreng hingga kering. Kemudian ditambahkan sayuran hijau, bakso goreng, dan potongan ayam di atasnya. Lalu dituang kuah kaldu kental yang rasanya gurih. Mie Titi biasanya dilengkapi jeruk nipis, acar, dan juga cabai.

Wah, bikin laper, ya!

Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling, Mie Titi Makassar (YouTube)