Berhasil Mencuri Perhatian, Ini Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunia

Peninggalan agama islam sepeninggalan Nabi Muhammad SAW banyak tersebar di seluruh dunia, termasuk bangunan bersejarah islam yang terlihat sangat megah.

Agama islam tersebar di seluruh dunia sejak zaman sepeninggalan Nabi Muhammad SAW. Melalui jalur perdagangan maka agama islam dapat terhubung ke banyak wilayah, sehingga banyak bangunan bersejarah islam  yang nampak megah. Bentuk bangunan bersejarah islam pun beragam, mulai dari masjid, jembatan, istana, dan benteng yang terdiri menara dan kubah.

Kemegahan dan kekokohan bangunannya pun mencuri perhatian. Bahkan desain arsitekturnya yang unik dan lebih maju, membuat bangunan bersejarah islam tersebut dibanding-bandingkan dengan gaya bangunan Eropa saat itu. Selain itu ada beberapa bangunan yang diklaim sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Lantas, bangunan bersejarah islam apa saja yang berhasil mencuri perhatian dunia?

1. Masjid Selimiye – Edirne, Turki

Membutuhkan waktu 6 tahun untuk membangun Masjid Selimiye ini, yaitu dimulai dari tahun 1568 hingga tahun 1574.  Masjid yang dibangun atas perintah Sultan Selim II ini diarsiteki oleh Mimar Sinan. Selain termasuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO, masjid juga merupakan peninggalan Ottoman di Kota Edirne Turki.

2. Taj Mahal, Agra, India

Bangunan Bersejarah Islam (via Sibuk Liburan)

Siapa yang tidak mengenal Taj Mahal? Bangunan ini didirikan oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang Mumtaz Mahal, istri ketiganya yang meninggal setelah melahirkan anak ke-14. Pembangunannya membutuhkan waktu 23 tahun, dari 1630 - 1653. Taj Mahal juga termasuk warisan dunia sejak 1983 oleh UNESCO.

3. Jembatan Si-o-se Pol – Isfahan, Iran

Bangunan Bersejarah Islam (via Pixabay)

Tidak hanya masjid, tapi Jembatan Si-o-se Pol di Isfahan, Iran ini juga termasuk bangunan bersejarah islam di dunia. Jembatan ini memiliki arsitektur yang unik dengan lengkungan sebanyak 33 buah. Jembatan yang dibangun di atas aliran sungai Zayandeh ini memiliki panjang 297,76 meter dan lebar 13,75 meter.

4. Benteng Agra – Agra, India

Bangunan Bersejarah Islam (via Pars Today)

Di Agra, India, tidak hanya ada Taj Mahal, tapi juga terdapat benteng yang biasanya disebut Benteng Merah atau Lal Qila. Benteng ini didirikan oleh Kaisar Akbar dan Kerajaan Mugha. Benteng Agra ini memiliki jarak 2,5 kilometer dari Taj Mahal dengan batu bata berwarna merah dan terlihat megah.

Nah, itu tadi beberapa bangunan bersejarah islam  di seluruh dunia yang kini sudah masuk dalam situs warisan dunia oleh UNESCO. Apakah kalian punya referensi bangunan sejarah lain yang menarik untuk dikunjungi?

Bangunan Bersejarah Islam (via The Heritage Opera)