Jangan Disepelekan, Ini Bahaya Perut Buncit dan Penyakit yang Mengintai

Selain mengganggu penampilan, ada bahaya perut buncit yang mengintai dengan banyak penyakit sehingga tidak bisa disepelekan. Simak ulasannya!

Bagi sebagian orang, perut buncit adalah hal yang bisa mengganggu penampilan. Namun tidak hanya itu, ada bahaya perut buncit  yang mengintai dengan banyak penyakit. Jadi jangan disepelekan ya.

Perut yang buncit merupakan tanda ada penumpukan lemak subkutan dan lemak viseral di bagian perut. Hal ini tentu harus diwaspadai, karena lemak viseral  dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu dan sangat sulit dihilangkan.

Penyebab Perut Buncit

Biasanya perut buncit disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari. Apa saja kebiasaan buruk penyebab perut buncit yang harus dihindari?

•    Mengkonsumsi gula secara berlebihan

•    Sering minum alkohol

•    Terlalu banyak mengonsumsi lemak trans

•    Malas bergerak

•    Stres yang berlebihan

•    Kurang mengonsumsi makanan berserat

•    Kekurangan protein

•    Kurang tidur

Bahaya Perut Buncit

Jika selama ini kamu suka melakukan kebiasaan buruk yang disebutkan tadi, sebaiknya segera dihindari agar beberapa penyakit kronis berikut ini enggak mengintai kamu. Apa saja?

1. Jantung Koroner dan Stroke

Bahaya Perut Buncit (via Female Daily Editorial)

Lemak yang menumpuk dalam perut dapat menyumbat pembuluh darah dan bisa mengakibatkan stroke dan penyakit jantung yang tentunya berbahaya.

2. Darah Tinggi

Tidak hanya penyakit jantung, ternyata penyumbatan pembuluh darah karena penumpukan lemak juga dapat menyebabkan hipertensi.

Melansir American College of Cardiology melalui Tempo, seseorang dengan perut buncit memiliki risiko hipertensi lebih besar 22 persen dibandingkan mereka yang memiliki perut rata.

3. Diabetes

Bahaya Perut Buncit (via Halodoc)

Lemak yang menumpuk akan memproduksi sel sitokin sehingga dapat meningkatkan resistensi insulin yang berakibat insulin tidak dapat bekerja memasukkan gula ke dalam sel sehingga kadar gula dalam tubuh meningkat.

4. Komplikasi Hati

Lemak yang berlebihan pada area hati maka akan berakibat fatty liver atau perlemakan hati. Nah hal ini akan mengganggu aktivitas hati sehingga jika dibiarkan akan menyebabkan sakit hati atau penyakit hati.

Wah, ternyata bahaya perut buncit  enggak bisa disepelekan, ya. Karena penyakit yang mengintai nggak main-main. Jadi yuk ubah kebiasaan buruk untuk hidup lebih sehat.

Bahaya Perut Buncit (via Alodokter)