Wajib Sering-Sering Dikonsumsi! 5 Buah Ini Paling Ampuh Turunkan Kolesterol

Wajib Sering-Sering Dikonsumsi! 5 Buah Ini Paling Ampuh Turunkan Kolesterol

Ternyata, ada begitu banyak jenis buah yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh, lho. Apalagi selepas masa lebaran, kita cukup banyak mengkonsumsi makanan berlemak dengan kandungan kolesterol tinggi. Seperti ayam, daging opor, ketupat dan lain-lain.

Nah, maka itu perlu banget kita untuk rutin berolahraga serta mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk menurunkan kadar kolesterol tadi. Berikut ini ada beberapa jenis buah-buahan yang paling ampuh menurunkan koletserol. Yuk simak!

# Jeruk

Gak cuma tinggi vitamin C, jeruk juga punya kandungan yang baik untuk menurunkan kolesterol. Menurut  Nutrition Journal, ada 23 persen orang yang rutin mengkonsumsi jus jeruk, kadar kolesterol mereka seketika turun dibandingkan yang tidak minum jus jeruk. Namun baiknya, jangan tambahkan gula atau bisa juga konsumsi jeruk dalam bentuk buah, ya.

# Semangka

Semangka merupakan buah yang tinggi kandungan air. Di samping itu, buah ini juga memiliki kandungan likopene yang berfungsi mencegah radikal bebas serta ampuh menurunkan kolesterol.

# Apel

Beberapa jenis buah yang ampuh menurunkan kolesterol (unsplash.com)

Berikutnya ada apel, buah yang memiliki banyak nutrisi. Apel diketahui mengandung karbohidrat, protein, serat hingga vitamin C. Selain itu, apel juga mengandung pektin, yakni serat alami yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

# Buah Beri

Ada banyak jenis buah beri yang bisa kamu konsumsi. Seperti blackberry, rasberi, sampai stroberi. Nah, seluruh jenis buah beri ini memiliki manfaat yang tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Maka itu, disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis buah beri sebagai pengganti camilan yang sehat.

# Anggur

Beberapa jenis buah yang ampuh menurunkan kolesterol (unsplash.com)

Sama seperti apel, buah anggur juga mengandung pektin yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh kita.

Nah, itu dia beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi jika kamu memiliki kadar kolesterol tinggi. Selain buah, kamu juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, oats hingga ikan.

Beberapa jenis buah yang ampuh menurunkan kolesterol (unsplash.com)