5 Tempat Wisata Mistis Dekat Lokasi KKN di Desa Penari

Menurut penuturan @SimpleM81378523 dalam akun twitternya, Kota B adalah lokasi sebenarnya KKN di Desa Penari, dan Banyuwangi menjadi salah satu tempat yang diduga sebagai latar cerita tersebut.

Setelah sempat viral thread KKN di Desa Penari  di Twitter beberapa tahun lalu, kini filmnya tengah tayang di bioskop dan menjadi bahan perbincangan di media sosial. Banyak netizen yang berasumsi di mana lokasi KKN di Desa Penari.

Menurut penuturan @SimpleM81378523 dalam akun twitternya, Kota B adalah lokasi sebenarnya KKN di Desa Penari, dan Banyuwangi menjadi salah satu tempat yang diduga sebagai latar cerita tersebut. Sejumlah hutan seperti Alas Purwo hingga Alas Gumitir pun ikut menjadi perhatian karena viralnya kisah KKN di Desa Penari.  

Hingga saat ini, masih belum diketahui lokasi sebenarnya KKN di Desa Penari berada. Namun, kalau kamu tertarik berwisata mistis. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini yang diduga dekat dengan lokasi KKN di Desa Penari. Apa saja?

1. Rowo Bayu

Rowo Bayu yang terletak didusun sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi ini merupakan tempat wisata hutan dan danau yang asri. Dulunya Rowo Bayu adalah tempat favorit kaum ningrat untuk bermeditasi. Kini Rowo Bayu dikenal sebagai tempat wisata mistis.

2. Taman Nasional Alas Purwo

Wisata Mistis di Dekat Lokasi KKN di Desa Penari (via Tribunnews)

Alas Purwo dikenal sebagai hutan paling angker di Pulau Jawa. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai kerajaan jin, karena banyak jin yang berkumpul di hutan ini. Pohon-pohon di Alas Purwo pun disebut sering menimbulkan petaka karena membuat orang tersesat dan diculik bangsa jin. Penampakan genderuwo dan kuntilanak juga sering dilihat oleh warga sekitar.

3. Goa Istana

Wisata Mistis di Dekat Lokasi KKN di Desa Penari (via Paket Wisata Banyuwangi)

Goa Istana ini berada di Alas Purwo. Dulunya dijadikan oleh Bung Karno sebagai tempat bersemedi. Dikatakan, di goa inilah Bung Karno bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Beberapa paranormal mengatakan bahwa goa ini dijaga oleh dua prajurit dan dipercaya sebagai pusat dunia gaib.

4. Watu Dodol

Wisata Mistis di Dekat Lokasi KKN di Desa Penari (via Kumparan)

Watu Dodol dulunya adalah sebuah bunker milik Jepang yang dijadikan sebagai tempat mengintai kapal-kapal musuh. Konon, di dalam bunker tersebut terdapat lorong gelap yang bisa menembus ke Alas Purwo yang menghubungkan ke dunia gaib. Kisah menyeramkan lain menyebutkan patung yang berada di atas bunker tersebut juga sering bergerak dan menari pada malam hari.  Bahkan di bunker ini ada seorang dukun yang digantung hidup-hidup.

5. Keraton Macan Putih

Wisata Mistis di Dekat Lokasi KKN di Desa Penari (via Indonesia Traveler)

Tidak hanya sebagai wisata sejarah, Keraton Macan Putih ternyata juga dianggap sakral oleh penduduk sekitar karena dipercaya ssebagai tempat Prabu Tawang Alun muksa atau menghilang kembali ke sisi Tuhan dan yang tertinggal hanyalah seekor macan putih gaib sebagai penjaga tempat ini.

Jadi tempat wisata mistis dekat lokasi KKN di Desa Penari  yang mana yang ingin kamu kunjungi? Ingat untuk selalu jaga sikap di mana pun, ya.

Wisata Mistis di Dekat Lokasi KKN di Desa Penari (via Dhuta Ekspresi)