Jangan Sembarangan Pilih! Ini 4 Jenis Olahraga Yang Aman Untuk Penderita Sakit Punggung

4 jenis olahraga yang aman dilakukan untuk penderita sakit punggung salah satunya berenang.

Cedera punggung  atau tulang belakang  menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak dialami. Terlebih pada orang yang memiliki banyak kegiatan. Pasalnya, punggung hampir selalu terlibat dalam segala aktivitas kehidupan manusia. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi sakit punggung  dan mencegahnya datang kembali adalah olahraga .

Sebagain besar kasus cedera punggung memang bisa dikurangi dengan olahraga teratur, namun harus disesuaikan. Tidak semua jenis olahraga cocok untuk penderita sakit punggung. Lantas apa saja olahraga yang aman dilakukan untuk penderita sakit punggung? Simak penjelasan di bawah ini yang berhasil dirangkum.

1.    Yoga

Pada dasarnya, yoga bagus untuk punggung. Olahraga ini menggabungkan kelenturan dan kekuatan. Sehingga, yoga bermanfaat untuk melatih kelenturan dan kekuatan punggung, yang pada akhirnya membantu mencegah cedera. Tidak hanya itu saja, gerakan yoga yang dilakukan perlahan juga bisa mencegah tekanan yang tiba-tiba pada punggung. Selain itu, pose yang dilakukan berulang  juga bisa mempercepat proses pemulihan cedera punggung.

Akan tetapi, yoga tidak bisa memulihkan sakit punggung kalau kamu tidak tahu batasannya. Jadi, sangat penting untuk mengomunikasikan sakit punggung yang kamu alami pada instruktur yoga. Nantinya, instruktur akan memilih postur gerakan yang baik untuk panggung serta gerakan apa yang tidak boleh dilakukan karena dirasa cukup berat bagi tulang belakang kamu.

2.    Berenang

Berenang dipercaya dapat memperlancar pembuluh darah sehingga mengembalikan aliran darah ke otot punggung. Olahraga ini akan membantu kamu memulihkan cedera punggung serta meningkatkan kekuatannya. Saat berenang, air akan menopang keseluruhan tubuh sehingga punggung kamu tidak perlu menopang berat bada seperti saat kamu ada di darat. Ini yang membuat olahraga air seperti berenang dapat membantu memulihkan cedera punggung.

3.    Taichi

Foto: Olahraga Untuk Punggung (KlikDokter)

Untuk kamu yang suka olahraga dengan campuran seni, taichi patut untuk dicoba. Olahraga yang berasal dari China ini memiliki gerakan-gerakan yang lambat. Hal ini membantu untuk melatih pernapasan dan meditasi pikiran. Sehingga, baik sekali bagi penderita skoliosis. Fokus olahraga ini adalah bagian pinggang yang melatih kelenturan serta membuat otot-otot perut menjadi kuat.

Ciri dari gerakan olahraga taichi adalah lambat, tenang, gemulai, lembut dan beraturan. Aspek ini juga yang akhirnya membantu untuk membuat pikiran tenang. Akan tetapi, disarankan untuk melakukan olahraga taichi dengan dipandu instrukstur khusus. Hal ini agar meminimalisir kesalahan gerakan yang bisa mengakibatkan cedera.

4.    Pilates

Olahraga lainnya yang bagus untuk sakit punggung kamu adalah pilates. Pasalnya, olahraga ini berfokus pada peningkatan kesadaran penuh pada tubuh. Kalau kamu rutin latihan pilates dengan instruktur, maka kesadaran kamu terhadap postur tubuh seperti saat duduk, beridi, atau gerakan dalam aktivitas sehari-hari akan meningkat. Pilates juga mencegah kamu memiliki postur yang buruk dan tidak seimbang.

Foto: Olahraga Untuk Punggung (Liputan6)