Jangan Berlarut-Larut, Ini 4 Cara Menguatkan Diri Saat Ditimpa Musibah

Setiap manusia tentu pernah ditimpa kemalangan, lantas bagaimana cara menguatkan diri saat ditimpa musibah agar tidak lari ke jalan yang salah?

Setiap manusia tentu pernah ditimpa kemalangan. Namanya saja hidup, pasti ceritanya berwarna. Tidak selalu bahagia, tapi juga ada air mata. Lalu bagaimana cara menguatkan diri saat ditimpa musibah , agar tidak lari ke jalan yang salah.

Kamu pasti pernah mendengar orang yang memilih bunuh diri bahkan mengajak serta anak-anaknya karena tidak mampu menghadapi masalah. Padahal bunuh diri bukan jalan keluar. Menguatkan hati adalah jalan terbaik untuk menghadapi. Lantas bagaimana cara menguatkan diri saat ditimpa musibah?

1. Sabar dan Ikhlas

Ini mungkin memang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan. Musibah yang Allah datangkan, tentu adalah caraNya untuk menjadikan kamu manusia yang lebih baik. Ingat, seperti apapun bentuk musibah tersebut, pasti akan berbuah kebaikan jika kita hadapi dengan sabar dan ikhlas. Bukankah pelaut yang tangguh tidak dibentuk dari ombak yang tenang?

2. Ingat Bahwa Semua Orang Itu Diuji

Cara Menguatkan Diri Saat Ditimpa Musibah (via Merdeka)

Seperti yang dikatakan di awal, bahwa setiap manusia pasti pernah ditimpa musibah. Jadi ingatlah, kamu tidak satu-satunya orang yang dirundung duka dan paling menderita. Kalau orang lain saja bisa bangkit dan melewati, yakinlah kamu pasti juga bisa.

3. Yakinlah Setelah Kesulitan Ada Kemudahan

Cara Menguatkan Diri Saat Ditimpa Musibah (via Kapanlagi Plus)

Tidak ada sakit yang datang tanpa obatnya. Begitu juga dengan musibah, tidak mungkin dia datang tanpa penawarnya. Memang tidak ada musibah yang terasa ringan, tapi musibah itu akan menjadi semakin berat kalau kamu terus fokus dengan kesedihan.

Fokus dan yakin pasti ada kemudahan setelahnya. Dengan begitu cahaya terang akan masuk, tidak hanya dalam hati tapi juga akal sehat.

4. Selalu Berdoa dan Bersyukur

Cara Menguatkan Diri Sendiri Saat Ditimpa Musibah (via Diadona)

Bersyukur atas musibah yang datang? Tentu saja. Apapun yang terjadi dalam hidup memang harus disyukuri, termasuk musibah. Karena semua itu datang dari Allah. Dan segala sesuatu yang datang dari Allah itu pasti baik meski diawali dengan luka dan airmata.

Dan jangan lupa berdoa, memohon agar diri selalu dikuatkan dan meminta jalan keluar.

Nah itu tadi cara menguatkan diri saat ditimpa musibah . Memang tidak mudah, tapi yakinlah kamu pasti melewati meski harus bersusah payah.

Cara Menguatkan Diri Saat Ditimpa Musibah (via Dream)