Jangan Lupa Bersyukur, Begini Etika Menerima Pemberian Orang Lain

Merasa senang karena telah diberi sesuatu oleh orang adalah wajar namun jangan sampai kamu melupakan etika menerima pemberian orang lain. Bagaimana caranya?

Menerima barang pemberian dari orang lain tentu bikin senang, terlebih jika barang yang diberikan adalah barang yang selama ini kita inginkan, wah seperti kejatuhan durian runtuh. Tapi kebahagiaan itu jangan sampai bikin kamu lupa etika menerima pemberian orang lain , ya.

Menerima pemberian orang lain juga ada etikanya, lho. Jangan sampai karena saking bahagianya, kamu justru lupa menerapkan etika berikut ini saat menerima hadiah dari orang lain.

Apa saja sih etika menerima pemberiaan orang lain? Berikut ini daftarnya.

1. Ucapkan Terima Kasih

Etika pertama yang harus kamu terapkan adalah mengucapkan terima kasih pada si pemberi. Tidak peduli apapun yang dia berikan, kamu harus tetap mengucapkan terima kasih ya.

Meski barang yang diberikan bukan yang kamu inginkan, tapi setidaknya hargai effort yang sudah dia lakukan untuk memberikan barang tersebut.

2. Pakai Barang Tersebut

Etika Menerima Pemberian Orang Lain (via PosKata)

Meski kamu tidak menyukai barang pemberian tersebut tapi untuk menghargai si pemberi sebaiknya kamu memakainya, jika barang pemberian itu berupa baju atau tas. Tapi kalau berupa makanan, sebaiknya segera makan makanan tersebut dan berikan pujian setelahnya.

Si pemberi akan merasa sangat dihargai jika kamu melakukan hal tersebut.

3. Balas Kebaikannya

Etika Menerima Pemberian Orang Lain (via Liputan6)

Etika selanjutnya adalah balas kebaikan si pemberi jika kamu ada kelebihan rezeki. Membalas kebaikan bukan hal buruk, justru itu akan mempererat tali silaturahmi.

4. Jangan Dilupakan

Etika Menerima Pemberian Orang Lain (via Jakarta Islamic Centre)

Setelah kamu menerima kebaikan orang lain, jangan pernah melupakannya. Karena ini adalah salah satu etika menerima pemberian orang lain. Berbeda dengan saat kita memberi orang lain, sebaiknya jangan diingat-ingat agar kita tidak selalu mengungkitnya.

5. Selalu Bersyukur

Etika Menerima Pemberian Orang Lain (via Daarut Tauhid)

Etika terakhir yang harus dilakukan saat menerima pemberian orang lain adalah selalu bersyukur. Mensyukuri semua nikmat yang Allah berikan, termasuk orang-orang baik di sekitar kamu.

Nah, itu tadi etika menerima pemberian orang lain  yang harus kamu terapkan. Jangan lupa bersyukur ya. Karena kalau kamu mensyukuri nikmat, Allah pasti akan menambah nikmat tersebut.

Etika Menerima Pemberian Orang Lain (via NU Online Jabar)