Jangan Sampai Lengah, Berikut 5 Tips Mudik Di Masa Pandemi Covid-19 Agar Aman Dan Tetap Sehat

5 tips mudik saat pandemi Covid-19 agar tetap sehat dan aman salah satunya tetap menjaga protokol kesehatan.

Pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk mudik  merayakan Idul Fitri  bersama sanak saudara di kampung halaman. Setelah selama dua tahun sebelumnya, masyarakat dilarang mudik dan berkumpul dengan banyak orang demi menghentikan penyebaran virus corona. Akan tetapi, karrna masih dalam situasi pandemi Covid-19, ada berbagai syarat mudik yang harus ditaati.

Selain memeriksa kendaraan ataupun memilih moda transportasi terbaik demi keselamatan, pemudik juga harus memperhatikan sejumlah hal agar tetap aman dalam perjalanan dan kembali dalam keadaan sehat. Tanpa perlu berlama-lama, berikut 5 tips mudik di masa pandemi Covid-19 yang dirangkum dari Katadata.

1.    Lengkapi Vaksinasi Covid-19

Pemudik diharuskan untuk melengkapi vaksin Covid-19 lengkap dan booster sebagai salah satu syarat mudik 2022. Sebaiknya, lakukan vaksinasi jauh-jauh hari sebelum mudik agar menghindari efek samping yang dirasakan setelah vaksin. Ada sejumlah lokasi maupun fasilitas kesehatan yang menyediakan pelayanan vaksinasi.

2.    Membawa Barang Secukupnya

Disarankan untuk membawa barang secukupnya dan tidak berlebihan. Barang-barang yang dibawa pun harus yang benar-benar dibutuhkan saja. Adapun hal ini memiliki tujuan agar kamu tidak kerepotan selama perjalanan, terlebih untuk pemudik yang menggunakan moda transpotasi umum.

3.    Sedia Perlengkapan Kesehatan

Tips berikutnya yang cukup penting untuk dilakukan adalah menyediakan perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan pribadi dan perlengkapan P3K. Perlengkapan ini diperlukan kalau tiba-tiba terjadi hal yang mengganggu kesehatan. Dengan membawa perlengkapan kesehatan itu juga, kamu bisa melakukan pertolongan pertama pada diri sendiri.

4.    Istirahat sebelum Berangkat

Foto: Tips Mudik (Berita Bali)

Sebelum berangkat mudik, pastikan untuk mencukupi kebutuhan istirahat. Pasalnya, mudik memerlukan waktu yang tidak sebentar sehingga kondisi tubuh harus tetap fit agar perjalanan tidak terhambat. Selain itu, istirahat juga diperlukan agar kamu tidak mudah lelah sehingga bisa selamat sampai ke lokasi tujuan.

5.    Terapkan Protokol Kesehatan

Tips terakhir ini sangat lah penting di masa pandemi Covid-19. Kamu harus memastikan untuk menerapkan protokol kesehatan yang berlaku seperti menggunakan masker sesuai standar, menjaga jarak, hindari kerumuman, rutin cuci tangan, membawa hand sanitizer hingga ketentuan lain yang tentunya berguna untuk mencegah penularan Covid-19 selama perjalanan mudik. Begitupun saat di kampung halaman, kamu boleh bersilahturahmi namun harus tetap menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan.

Foto: Tips Mudik (Qoala)