Dulunya Gereja, Daftar Tempat Ibadah Disulap Jadi Masjid, Ada yang Tidak Menghapus Lukisan Yesus

Dulunya Gereja, Daftar Tempat Ibadah Disulap Jadi Masjid, Ada yang Tidak Menghapus Lukisan Yesus

Masjid  merupakan tempat ibadah untuk pemeluk agama Islam. Tapi beberapa masjid ternyata ada yang bangunannya bekas gereja . Jika dulunya digunakan umat Katolik atau Kristen Protestan, bangunan itu direnovasi dan berubah menjadi tempat ibadah umat Islam. Beberapa masjid bekas gereja terdapat di Indonesia dan negara di luar negeri. Berikut daftarnya.

1.    Masjid Istiqlal Islamic Centre of Toronto

Masjid ini berada di Toronto, Kanada. Kehadiran masjid yang disebut IICT ini disambut bahagia oleh pemeluk agama Islam di Toronto. Pada bulan Mei 2021 lalu, masjid tersebut akhirnya dibuka untuk pertama kalinya. Bangunan IITC dulunya adalah gereja yang diakuisisi oleh komunitas muslim Indonesia Toronto jadi masjid.

Anggota Dewan IICT, Ned mengatakan proses perpindahan, akuisisi, dan renovasi bangunan berjalan dengan lancar. Pihak komunitas muslim Indonesia harus menggelontorkan uang miliaran untuk mengurus proses perpindahan dari gereja ke masjid tersebut.

2.    Masjid New Peckham

Di Inggris tepatnya di London terdapat sebuah Masjid New Peckham yang dulunya dijadikan gereja Katolik bernama Santo Markus. Kini masjid itu banyak didatangi umat Islam untuk beribadah. Uniknya di masjid ini terdapat lukisan Yesus yang merupakan peninggalan dari gereja sebelumnya.

Pihak pengelola masjid memutuskan untuk tidak menghapus atau mengganti lukisan kaca bergambar Yesus dan dibiarkan begitu saja. Bangunan itu adalah bangunan bersejarah di London. Pihak masjid tidak menghapus lukisan Yesus karena lukisan itu tidak berada di ruangan khusus salat karena berada di lantai dua atau ruangan khusus pertemuan.

Dulunya Gereja, Daftar Tempat Ibadah Disulap Jadi Masjid (SINDOnews)

3.    Masjid At-Thohir

Kembali ke benua Amerika ada Masjid At-Thohir yang diresmikan pada Maret 2022 silam. Dari namanya saja masjid yang berada di Los Angeles didirikan oleh keluarga Thohir yakni Boy Thohir dan Erick Thohir. Keluarga kaya raya itu membeli sebuah bangunan bekas gereja yang didirikan sejak 1921 dan melakukan renovasi. Kehadiran masjid itu disambut sukacita masyarakat muslim di Los Angeles.

Masjid At-Thorir akhirnya selesai direnovasi pada Februari 2022 dan bisa dikunjungi para umat Muslim yang berada di Amerika Serikat. Adapun biaya yang digelontarkan untuk merenovasi gedung gereja menjadi Masjid At-Thohir ini mencapai Rp21,5 miliar.

 

Dulunya Gereja, Daftar Tempat Ibadah Disulap Jadi Masjid (Tribunnews)

4.    Masjid Isa Almasih

Belum lama ini viral di sosial media ada gereja yang dijual. Gereja yang berada di Klaten, Jawa Tengah itu bernama Gereja Kerasulan Baru. Gereja itu sempat tidak digunakan sebagai tempat ibadah selama 2 tahun dan akhirnya dibeli oleh Yayasan Pembina Mualaf (YPM) At-Tauhid dan diubah menjadi Masjid Isa Almasih.

Memang tidak diketahui berapa harga yang harus dibayarkan untuk membeli bangunan gereja itu. Namun setelah resmi jadi pemilik yang baru, di hari pertama YPM sudah melakukan persiapan atau renovasi di beberapa bagian, termasuk mencopot salib di bagian depan gereja.

Dilansir dari channel YouTube Mualaf Centre Yogyakarta, seorang bernama Hanny Kristianto mengatakan bahwa bangunan gereja  tersebut adalah gereja pertama di Indonesia yang diubah menjadi bangunan masjid . “Mungkin di Indonesia banyak nama Gerea Isa Almasih, sekarang ada masjid namanya Isa Almasih,” kata Hanny.

Dulunya Gereja, Daftar Tempat Ibadah Disulap Jadi Masjid (Jurnas.com)