Terlihat Sama, Ini 7 Perbedaan KFC Dan McD Yang Paling Mencolok, Kamu Tim Yang Mana Nih?

7 perbedaan KFC dan MCD mulai dari menu ayam dan burger sampai lokasi yang dipilih.

KFC  dan McD  atau McDonald’s  merupakan restoran cepat saji asal Amerika yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia. Kedua restoran tersebut sudah cukup lama ada di Tanah Air sehingga tidak heran kalau keduanya sudah punya banyak gerai di banyak daerah. Sepintas, menu KFC dan McD terlihat mirip karena sama-sama menyajikan menu andalan ayam goreng.

Jadi, tidak sedikit masyarakat yang sering membandingkan dua restoran fast food tersebut. Pastinya kamu pun sudah punya andalan sendiri saat lapar melanda. Meskipun tampak sama, tapi ada perbedaan yang mencolok di antara kedua restoran tersebut. Apa saja perbedaan itu? Simak penjelasannya yang sudah dirangkum berikut.

1.    Perbedaan Menu Ayam

Kedua restoran makanan cepat saji ini menyediakan menu ala Amerika dengan andalannya ayam goreng. Kamu pasti sudah tahu tagline KFC yang berbunyi ‘jagonya ayam’. Sesuai tagline-nya, ayam di KFC memang lebih besar dengan bumbu yang lebih pas dengan lidah orang Indonesia. KFC juga sering berinovasi dengan menu ayamnya walaupun tidak semuanya berhasil di pasaran.

Namun jika dibandingkan, McD lebih banyak menawarkan menu ala barat seperti burger dan aneka wrap, lengkap dengan kentang goreng yang bisa kamu pilih sebagai pengganti nasi. Meski begitu, menu ayam di McDonald’s juga tidak kalah menggiurkan. Belakangan, McD terus menyajikan menu ayam dengan citra rasa otentik Indonesia seperti ayam gulai.

2.    Mangkuk Saus

Mungkin banyak dari kamu tidak menyadari kalau mangkuk saud di McD lebih besar dibandingkan di KFC. Jadi, penggemar saus mungkin lebih senang berada di McDonald’s karena mereka tidak perlu repot untuk membawa banyak saus. Tapi sekarang setelah pandemi, pelanggan tidak bisa mengambil saus sendiri dan sebagai gantinya mereka diberikan saus dalam bentuk sachet.

3.    Sajian Menu Burger

Foto: KFC vs McD (Tribunnews)

Seperti dibahas sebelumnya, McD lebih menonjolkan menu-menu ala barat seperti burger dan wrap. Jadi tidak heran kalau restoran tersebut menyajikan lebih banyak menu pilihan burger sehingga pelanggan tidak bosan dengan menu burger yang itu-itu saja. Belum lagi, McDonald’s juga terus berinovasi dengan mengutamakan citra rasa otentik Indonesia, salah satunya dengan meluncurkan burger rendang.

Sementara itu, di KFC hanya ada beberapa menu burger, itu pun menu burger yang paling sederhana dengan bahan dasar ayam saja. Burger pun hanya menjadi menu selingan agar menu ayam yang disajikan lebih variatif. Walau begitu, rasa burger ayam KFC juga cocok di lidah orang Indonesia meskipun ukurannya tidak terlalu besar.

4.    Lokasi Yang Dipilih

Lokasi KFC dan McD tentunya berada di daerah strategis dan banyak pengunjung. Bahkan, keduanya juga hadir di beberapa bandara. KFC juga mudah ditemukan di sejumlah mall. Hal ini berbeda dengan McDonald’s. Gerai mereka sulit ditemukan di mall. Kalaupun ada biasanya hanya menjual es krim saja. Gerai McD biasanya ada di pinggir jalan dengan restoran sendiri yang terbilang punya ukuran besar.

5.    Menu Dessert dan Minuman

Foto: KFC vs McD (Berbagai Sumber)

Menu dessert dan minuman di KFC terbilang lebih terbatas dibanding McD yang punya segudang varian menu dessert. Di KFC, mereka menonjolkan minuman bersoda hingga float saja. Sementara di McDonald’s, lebih banyak pilihan varian es krim dengan berbagai topping dan minuman tidak hanya yang bersoda tapi juga ada menu kopi. Sehingga, hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk pembeli yang tidak ingin makan berat.

6.    Mana yang Harganya Lebih Bersahabat?

Untuk harga, tentunya beda menu, beda juga harga yang dipatok untuk setiap makanan di McD maupun KFC. McDonald’s memang menawarkan banyak menu camilan, hanya saja menu ini masih memiliki harga yang mencapai puluhan ribu rupiah. Sedangkan di KFC, kamu bisa menemukan burger seharga belasan ribu rupiah yang bersahabat khususnya dengan kantorng pelajar. Begitupun dengan harga paket ayamnya, di KFC terbilang masih cukup murah dibanding McDonald’s.

7.    Hadiah

Foto: KFC vs McD (Berbagai Sumber)

Kalau di McD, hadiah yang akan didapatkan adalah mainan. Uniknya, tidak hanya anak kecil, tapi banyak orang dewasa yang juga suka mengoleksi mainan McD. Akan tetapi, tidak semua menu bisa mendapatkan hadiah tersebut ya. Tapi kalau di KFC, kamu pasti akan disodori hadiah berupa album musik dari musisi ternama Indonesia.

Sebut saja seperti Afgan, Rossa hingga Wali. Mereka semua pernah bekerja sama dengan restoran ayam ini untuk mengeluarkan CD album musik. Biasanya CD itu diletakkan di dekat kasir dan akan ditawarkan pada pembeli yang sudah membeli di atas limit atau ditawarkan kepada pembeli dengan harga yang lebih murah.

Foto: KFC vs McD (Berbagai Sumber)