Akhirnya Terjawab, Jenis Makanan-makanan yang Sering Dimakan Pilot di Pesawat

Pilot mendapatkan makanan khusus dari maskapai penerbangan. Kira-kira menu makanannya apa saja ya?

Pilot sekaligus YouTuber Vincent Raditya membuat video di YouTube untuk menjelaskan secara rinci soal makanan pilot  yang dikonsumsi setelah menjalani penerbangan di udara. Apakah makanan itu sama dengan penumpang atau berbeda? Menurut Vincent terkait makanan memang berbeda-beda karena dipengaruhi beberapa hal.

“Makanan untuk pilot mungkin banyak yang ditanya, apakah makanan western atau snack saja? Biasanya tergantung maskapai, negara atau kota tujuan, termasuk catering services yang digunakan,” kata Vincent.

Untuk bahasan pertama terkait maskapai penerbangan yang mempengaruhi makanan untuk pilot. Ada maskapai yang memberikan makanan kepada pilot namun ada juga yang tidak memberikan makanan, namun memberikan uang saku atau disebut allowance. “Itu pilihan maskapai saja, mau kasih makanan atau kasih uang,” ceplos Vincent.

Jika maskapai memberikan makanan kepada pilot tergantung kebijakan berapa jam pilot akan mengudara. Jika hanya dua jam, maka maskapai akan memberikan snack seperti roti. Jika waktu perjalanan udara ditempuh lebih dari dua jam sampai lima jam, maskapai akan memberikan makanan nasi dan lauk.

“Sebenarnya saya lebih suka diberi makanan dibandingkan diberikan uang, karena kalau diberikan makanan saya bisa langsung makan dan tidak memikirkan harus mencari makanan apa ketika sampai di kota tujuan,” kata Vincent. Meski senang diberikan makanan, Vincent kadang merasa bosan karena harus makan makanan yang itu-itu saja.

Ketika tidak menyantap makanan pemberian maskapai, maka Vincent biasanya bersama rekan pilot yang lain meminta tolong untuk dibelikan atau disiapkan makanan ketika sampai di kota tujuan, seperti kuliner daerah di kota tersebut. “Memang kalau kebanyakan pilot akan lebih suka diberikan allowance karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” ujarnya.

Akhirnya Terjawab, Jenis Makanan-makanan yang Sering Dimakan Pilot di Pesawat (Phinemo.com)

Selain roti, Vincent tentu pernah makan yang beragam. Ketika menjadi pilot di maskapai besar, ia bahkan pernah makan dengan makanan yang enak, sebut saja steak dan ikan salmon. Vincent juga pernah mendapatkan es krim yang memang disediakan maskapai itu khusus untuk pilot.

Setelah ada penjabaran dari pilot terkenal ini, tentu banyak warganet yang juga penumpang pesawat menjadi tahu soal makanan-makanan pilot  dalam kesehariannya. Ternyata menu itu memang disiapkan khusus maskapai untuk pilot. Jadi nggak akan tertukar dengan makanan untuk penumpang dan awak kabin lainnya.

Akhirnya Terjawab, Jenis Makanan-makanan yang Sering Dimakan Pilot di Pesawat (Tribun Travel)