Jangan Disimpan Sendiri, Ini Pentingnya Curhat untuk Kesehatan Mentalmu

Memahami betapa pentingnya curhat dengan orang lain ketika ada masalah agar kesehatan mental tidak terganggu dengan satu masalah yang tidak bisa kita pecahkan sendiri.

Tidak ada manusia yang tidak memiliki masalah. Tapi menyimpan sendiri masalah tidak akan mengurangi beban, justru hal tersebut bisa membuat masalah terasa semakin berat. Bahkan bisa membawa dampak buruk pada kesehatan mental,lho. Pentingnya curhat dengan orang lain  ternyata bisa membuat masalahmu menjadi ringan lho. Selain itu juga bisa menjaga kesehatan mentalmu agar kamu tidak terkena depresi.

Untuk meringankan beban yang hidup yang dirasakan, kamu bisa curhat atau mencurahkan isi hati pada teman, sahabat, atau saudara. Curhat berarti kamu bercerita tentang masalah maupun segala sesuatu kepada orang terdekat yang dipercaya.

Percaya atau enggak, salah satu cara mencegah stres adalah dengan berbagi rasa sakit dalam jiwa. Menceritakan masalah hati yang terlanjur terluka. Karena sejujurnya masalah yang disimpan berlarut-larut justru akan menguras pikiran dan membuat hidup terasa sangat berat.

Seolah hidup hanya disitu-situ saja. Padahal kamu masih bisa jauh melangkah tidak hanya fokus pada satu masalah itu saja.

Tidak hanya mencegah stres, curhat ternyata juga bisa membuat kamu merasa mendapatkan dukungan secara emosional. Dengan catatan, curhatlah pada orang yang bisa kamu percaya dan membuat kamu merasa benar-benar didengarkan. Jangan pada sembarang orang.

Pentingnya Curhat Dengan Orang Lain (via Surya)

Dengan begitu kamu tidak akan merasa menghadapi masalah sendirian. Ada tangan lain untuk digenggam, dan ada pundak untuk menopang.

Selain itu, dengan curhat kamu bisa saja mendapatkan solusi dari masalah yang sedang kamu hadapi. Jalan keluar bisa datang dari mana saja, kan.

Pentingnya Curhat Dengan Orang Lain (via detikHealth)

Jadi meski terlihat sederhana, hanya berbagi cerita masalah hidup, namun ternyata curhat bisa menjadi sangat penting, kan. Bahkan berdampak baik pada kesehatan mental kamu.

Pentingnya curhat dengan orang lain  bisa meringankan beban masalah yang kita hadapi. Jangan pernah menahan beban yang dirasakan sendirian, kamu nggak akan kuat. Berbagilah. It’s okay not to be okay. Karena rasa sakit itu sementara, setelahnya kamu akan baik-baik saja lepas bercerita.

Pentingnya Curhat Dengan Orang Lain (via Yoursay)