Sajian Buka Puasa Super Seger, Simak Resep Pempek Kapal Selam Khas Palembang Berikut!

Sajian Buka Puasa Super Seger, Simak Resep Pempek Kapal Selam Khas Palembang Berikut!

Pempek merupakan salah kuliner favorit di Indonesia yang berasal dari Palembang. Jenisnya ada banyak. Salah satunya adalah pempek kapal selam. Memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang pempek pada umumnya, pempek kapal selam disajikan dengan cara yang berbeda pula.

Pempek kapal selam ini memiliki isian di dalamnya. Biasanya isinya adalah telur ayam. Pasti kamu pernah melihat atau memakannya, kan? Yuk, bikin sendiri pempek kapal selam dengan resep di bawah ini! Berikut ini adalah cara membuat pempek kapal selam khas Palembang.

Bahan-Bahan:

- 250 gram ikan tenggiri

- 180 ml air atau air es

- 180 gram tepung tapioka

- 3 sdm tepung terigu

- 1 butir telur

- 1 sendok teh gula

- 2 siung bawang putih (haluskan)

- 4 butir kuning telur

- garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Bersihkan ikan tenggiri, ambil dagingnya. Haluskan dagingnya, campur daging ikan dengan bawang putih, tepung tapioka, tepung terigu, dan putih telur. Aduk daging yang sudah dicampur dengan air es secukupnya lalu buat adonan hingga terasa halus dan empuk.

2. Bentuk adonan menjadi bulat, beri cekungan di tengah adonan seperti mangkuk dengan ukuran disesuaikan. Biasanya ukuran pempek kapal selam lebih besar dari pempek pada umumnya.

3. Isi bagian adonan yang dibuat cekung dengan kuning telur yang sudah disiapkan, lalu rebus adonan dengan menutup sisi yang terbuka. Jika pempek sudah mengapung, angkat lalu tiriskan.

Karena ukurannya yang besar, lama merebus sebaiknya disesuaikan. Jika terlalu cepat diangkat, bagian dalam pempek bisa mentah. Ukuran ketebalan adonan menentukan lama waktu merebus.

Resep Pempek Kapal Selam Khas Palembang (Instagram)

Cara Menyajikan Pempek Kapal Selam:

Pempek kapal selam dapat disajikan dalam bentuk yang sudah direbus atau digoreng. Sama seperti pempek pada umumnya, pempek kapal selam disajikan dengan kuah cuko. Hanya saja, pempek kapal selam umumnya disajikan dengan bahan tambahan lainnya, seperti ebi atau udang kecil yang dikeringkan dan diawetkan.

Udang atau ebi ini dihaluskan dan ditabur di atas pempek bersama irisan timun. Pempek kapal selam biasanya dipotong-potong namun tidak sampai terpisah satu sama lain. Pempek kapal selam juga dapat disajikan dengan tambahan mie kuning atau mie jawa sesuai selera.

Resep Pempek Kapal Selam Khas Palembang (Instagram)