Dijamin Ampuh! 5 Tips Agar Puasa Tidak Lemas Dan Ngantuk, Nomor 4 Paling Gampang Dilakukan

5 tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk mulai dari memastikan cukup minum hingga tidak mengurangi waktu tidur.

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Selain mempersiapkan waktu untuk bukber dengan teman-teman, kamu juga perlu menyiapkan tubuh agar tetap segar saat puasa  nanti. Biasanya, masalah yang dikeluhkan saat puasa adalah rasa lemas dan mudah ngantuk. Jadi, banyak orang memilih untuk menghabiskan waktu hanya di atas ranjang. Padahal, ada sejumlah tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk. Apa saja tipsnya? Keep scrolling!

1.    Pastikan Cukup Minum

Salah satu penyebab tubuh lemas saat puasa adalah dehidrasi. Sehingga untuk mengatasinya, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu saat sahur dan berbuka puasa sebanyak 1,5 sampai 2 liter setiap harinya. Kamu bisa mencoba pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas lagi saat sahur. Selain dari air putih, kamu juga bisa memenuhi cairan tubuh dari buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi.

2.    Perhatikan Asupan Makanan

Hal penting lainnya untuk mencegah lemas dan ngantuk saat puasa adalah memperhatikan makanan saat berbuka ataupun sahur. Memang semua makanan akan terlihat mengenyangkan saat buka puasa, tapi tidak semuanya menghasilkan nutrisi bagi tubuh. Makanan dengan bahan dasar tepung seperti gorengan dan makanan mengandung kadar gula tinggi seperti aneka kue dan selai justru bisa membuat tubuh cepat lelah.

Oleh karena itu, hindari makanan semacam itu. Pilihlah makanan segar seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, usahakan juga untuk tidak langsung makan banyak dalam satu kesempatan. Lebih baik konsumsi dalam porsi kecil tiap 3 jam sekali dari waktu berbuka puasa sampai menjelang imsak. Hal ii juga baik diterapkan untuk kamu yang punya masalah pencernaan.

3.    Usahakan Untuk Bergerak

Biasanya, rasa lemas akan mulai terasa menjelang siang hari. Kalau kamu diam saja, maka bisa dipastikan kalau rasa lemas akan menguat dan akan membuat kamu ngantuk. Untuk mengatasinya, usahakan untuk bergerak. Tidak perlu yang sampai mengeluarkan banyak keringat. Kamu bisa melakukan gerakan kecil di balik meja kerjamu atau keluar kantor sebentar untuk berjalan kaki dan mencari udara segar. Aktivitas ini juga membantu kadar oksigen meningkat sehingga rasa kantuk menghilang.

4.    Jangan Kurangi Jam Tidur

Foto: Tips Puasa (Popbela)

Tips ini terbilang paling mudah dilakukan. Kamu hanya perlu cukup istirahat untuk bisa terus berenergi saat beraktivitas sepanjang hari. Memang selain rasa lemas, ngantuk juga menjadi salah satu hal yang sulit dilawan saat menjalani ibadah puasa. Namun yang perlu diperhatikan adalah bukan berapa lama kamu tidur, tapi seberapa baik kualitas tidurmu.

Meskipun kamu hanya tidur selama empat atau lima jam, jika tidurmu berkualitas maka akan membuat tubuhmu terasa segar dan berenergi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas misalnya menyesuaikan suhu ruangan, mematikan lampu hingga menyemprotkan aromaterapi di sarung bantal.

5.    Olahraga Rutin

Beberapa dari kamu mungkin berpikir kalau olahraga akan melelahkan dan membuat tubuh semakin lemas. Padahal, olahraga teratur justu akan membuat kamu lebih bertenaga saat beraktivitas panjang. Olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur loh! Jadi, usahakan untuk olahraga rutin meskipun puasa.

Adapun waktu terbaik untuk olahraga adalah sekitar 30-60 menit menjelang buka puasa. Lakukan olahraga selama 30 menit dengan frekuensi 3x seminggu. Tapi kalau kamu tidak bisa memenuhi durasi ini, kamu bisa mulai dengan porsi latihan kecil seperti berjalan kaki selama 10 menit sehari. Agar tetap bersemangat, pilih jenis olahraga dan suasana yang kamu sukai.

Foto: Tips Puasa (Suara.com)